8 Destinasi Wisata Lombok Selatan yang Paling Menarik

Sunset di Lombok Selatan

Daerah Lombok Selatan saat ini sudah menjadi sorotan banyak pihak, terutama bagi para pelesir. Terlebih denganΒ  semakin bersoleknya bandara international BIL (Bandara Internasional Lombok), tak ayal daerah ini seolah menjadi magnet bagi setiap wisatawan yang ingin datang berkunjung.

Kawasan Kuta yang dulunya sepi, saat ini sudah mulai rame. Hotel-hotel baru pun sudah mulai memenuhi kawasan bagian selatan pulau ini.

Memang, tak bisa dipungkiri perkembangan destinasi wisata Lombok Selatan terbilang cukup lambat dibanding tetangganya, Bali.

Padahal ada cukup banyak tempat wisata di Lombok Selatan yang patut dikunjungi.

Nah, berikut 8 spot menarik diseputaran Lombok Selatan yang wajib kamu kunjungi:

  1. Pantai Kuta Lombok.

    Pantai yang indah ini namanya memang sama dengan sebuah pantai indah di Bali. Namun, Pantai Kuta yang ada di lombok ini sangat kontras dengan Kuta yang ada di Bali.

    Di pantai ini kita bisa menemukan ketenangan. Pantainya sendiri membentang dalam sebuah teluk kecil. Satu lagi yang menjadi keunikan pantai ini adalah pasirnya. Pasir di pantai ini berbentuk butiran-butiran besar seperti merica.

    Pokoknya beda banget dengan Pantai Kuta Bali.
    Pantai Kuta Lombok Selatan

  2. Pantai Mawun

    Letaknya tak jadi dari Pantai Kuta Lombok, mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit berkendara. Jalanan yang harus dilalui masih rusak, kecil dan berpasir, akan mengantarkan kita ke sebuah pantai dengan keindahan yang luar biasa, Pantai Mawun.

    Pantai Mawun Lombok Selatan
    Pantai Mawun, tempat yang asik buat bersantai

    Bagi pecinta pantai indah namun sepi, Pantai Mawun adalah pantai yang cocok untuk kalian.

    Pantai ini hampir tidak tersentuh oleh moderinisasi. Berada di sebuah teluk kecil nan landai pantai ini sangat cocok untuk bermain air. Tidak jarang saya melihat beberapa kerbau yang di gembalakan oleh masyarakat sekitar melintas di pantai ini.

  3. Pantai Mawi

    Pantai ini adalah spot favorit bagi peselancar. Ombak-ombak yang terbentuk sangat memanjakan adrenalin para pencari petualangan. Bagi kamu yang tidak memiliki nyali untuk berselancar, jangan kuatir, pantai ini juga sangat cocok untuk leyeh-leyeh menikmati indahnya panorama alam yang tersaji.

    Pantai Mawi Lombok
    Pantai Mawi, surga bagi peselancar
  4. Pantai Selong Belanak

    Pantai ini adalah pantai yang paling jauh kalau kita menyusuri deratan pantai-pantai di Lombok Selatan ini.

    Pertama melihat pantai ini saya langsung di buat takjub. Bayangin aja, panjang pantai ini lebih panjang dari sebuah runway bandara internasional. Pasirnya lembut sekali. Ada sebuah desa nelayan yang menarik di pantai ini.

    Pantai Selong Belanak Lombok Selatan
    Pantai Selong Belanak

  5. Pantai Novotel

    Kenapa saya kasih nama itu karena pantai ini sejatinya dalah private area di kawasan Novotel Beach Kuta lombok. Pantainya indah dan landai, sangat cocok sekali bagi para pejalan yang senang bermain air.

    Pantai Novotel Lombok
    Pantai Novotel
  6. Pantai Tanjung Aan

    Sekarang, pantai ini ssudah menjadi daya tarik pariwisata di area pantai Kuta Lombok ini. Hal ini dikarenakan letaknya yang tidak jauh dari pantai Kuta. Hanya di butuhkan waktu sekitar 10-15 menit menuju ke hamparan pantai indah ini.

    Bentuknya adalah sebuah tanjung kecil di tengah sebuah teluk. Hamparan pasir putihnya yang landai memanjakan para pengunjung untuk bermain air. Pantai ini juga terkenal dengan pesona matahari tenggelamnya.

    Saya sangat suka sekali menghabiskan waktu menikmati secengkir kopi sebagai teman bercengkrama dengan alam petang di Tanjung Aan.

    Pantai Tanjung Aan
    Tanjung Aan
  7. Batu Payung, Tanjung Aan

    Masih di area Tanjung Aan, ada sebuah batu unik. Masayarakat setempat menamainya batu Payung, mungkin karena bentuknya menyerupai payung. Bentukan batu ini mungkin dari hempasan-hempasan ombak selama ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.

    Batu Payung Lombok Selatan
    Batu Payung
  8. Bukit Merese

    Masih satu area dengan Tanjung Aan, terletak di ujung pantai tanjung aan, bukit ini juga menawarkan pesonanya.

    Dari atas bukit ini kita bisa menikmati hamparan keindahan pantai Tanjung Aan. Jangan lupakan juga menikmati matahari terbit dari bukit ini, saya jamin pesona keindahannya sempurna sekali.

    Bukit Merese
    Bukit Merese di dekat Tanjung Aan

Daerah Lombok Selatan sejatinya sangat mudah ditempuh dari Bandara International Lombok (BIL). Dari sini, tinggal menempuh perjalanan sekitar 30 menit lagi. Karena kendaraan umum masih sangat sulit bahkan hingga saat ini (update artikel Nov 2019). Jadi, saran saya kamu bisa menyewa mobil terlebih dahulu atau mengatur jemputan dengan pihak hotel. Saran saya langsung berangkat menuju Lombok Selatan setibanya di bandara.

 

Rekomendasi hotel di Lombok Selatan

Berikut beberapa rekomendasi saya untuk akomodasi atau hotel di Lombok Selatan. Kamu bisa cek-cek harganya lewat aplikasi booking hotel favorit kamu.

  1. Surfers Inn Lombok

    Hotel ini sangat cozy sekali, ada sebuah perpustakaan kecil dan kolam renang. Harganya terdiri dari beberapa kelas, dari yang ekonomi kelas (fan) hingga cottage dengan pendingin udara. Karena letaknya tepat berada di depan pantai Kuta Lombok, dan suasanya yang cozy maka hotel ini menjadi incaran para pejalan.

  2. Novotel Lombok Resort and Villas

    Hotel mewah ini cocoknya buat kamu yang menginginkan kenyamanan. Berada di sebuah komplek yang di lengkapi dengan pantai pribadi menambah keelokan hotel ini.
    Kendaraan yang bisa di sewa untuk berkeliling di kuta juga beragam. Ada motor dan mobil. Di depan Surfers Inn misalnya, biasa banyak yang mangkal untuk menyewakan motornya. Atau kalau mau lebih save minta petugas hotel untuk menyarikan buat anda.

So, selamat berlibur!

Penganut Pesan Kakek "Jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu". Suka Jalan-jalan, Makan-makan, Poto-poto dan Buat Video. Cek cerita perjalanan saya di Instagram dan Youtube @lostpacker

Related Posts

15 Responses
  1. Danawiryya Silaksanti

    salam kenal mas…boleh add saya sekalian di blog saya ? hehehe…pantainya indah2 bgt, smoga bisa segera ke sana nih. Amin πŸ™‚

Leave a Reply