Tips Jadi Smart Traveller di Liburan Akhir Tahun

Akhir tahun biasanya identik dengan musim liburan. Apalagi kita yang beraktifitas dengan beragam kesibukan dan hidup di lingkungan kota yang juga sibuk. Liburan dibutuhkan untuk sejenak merefresh otak dan tubuh kita dari rutinitas yang menjemukan.

Nah, akhir tahun juga biasanya sedang peak seasion di berbagai tempat tujuan wisata. Baik itu hotel, tiket pesawat dan atraksi di lokasi wisata. Alangkah lebih baiknya jika liburan akhir tahun tidak dilakukan secara dadakan. Salah satu hal yang paling krusial adalah tiket pesawat. Apalagi ditengah gonjang-ganjing kenaikan harga tiket pesawat setahun belakangan ini. Menjadi smart traveller sangat di butuhkan sekali.

Gurun Pinacles di Australia Barat

Akhir-akhir ini juga banyak sekali aplikasi-aplikasi baru bermunculan. Dulu pernah saya mendownload semuanya, dan biasanya membanding-bandingkan. Tapi ternyata hal itu juga semakin merepotkan dan ponsel saya semakin lemot dengan banyaknya aplikasi yang terdownload. Tips saya, pilihlah salah satu aplikasi yang cocok dan sesuai dengan karakter prinadi kita.

Lalu hal apa saja yang dibutuhkan supaya kita bisa jadi smart traveller?

  1. Bijak Menyikapi promo

Saya suka sekali jika ada promo. Dari pintar-pintar memilih promo inilah akhirnya saya bisa bepergian kebeberapa tempat yang selama ini hanya mangkrak di wishlist saja. Kenapa harus pintar memilih promo, kebanyakan promo-promo yang gembar-gembrokan hanya tipu muslihat semata untuk meraih perhatian customer. Tertulis di promo harganya sekian, setelah proses pembelian dan pembayaran, tiba-tiba banyak sekali biaya-biaya lain yang harus kita bayar, ujung-ujungnya tak jauh beda harganya dengan harga normal. Jadi kita harus pintar-pintar membedakan mana aplikasi yang beneran ngasih promo dan mana yang hanya tipu-tipu saja.

  1. Rencanakan jauh-jauh hari

Kalau saya mau melakukan traveling, apalagi destinasi yang jauh, biasanya memang merencanakannya jauh-jauh hari sebelumnya. Selain mempermudah segala hal juga untuk urusan budgeting. Kalau kita mepet dalam pembelian tiket pesawat dan hotel, pasti harganya juga akan mahal.

Nah, dengan merencanakan jauh-jauh hari kita bisa mempersiapkannya dengan matang. Selain persiapan matang, juga anggaran bisa kita rencanakan juga dengan matang juga. Selain itu kita juga bisa mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan destinasi yang mau kita tuju dengan baik. Hal ini penting, supaya ketika kita sampai di daerah tersebut tidak nge-blank gak tau harus ngapain. Intinya, untuk menjadi smart traveler kita harus pintar-pintar menentukan kapan dan kemana kita akan travelling.

  1. Jangan “ngandelin”

Ini penting ketika kita mau melakukan perjalanan trus ada saudaraatau teman di daerah tersebut, alhasil kita tidak memasukkan anggaran budget hotel dalam perencanaan budget traveling yang kita buat. Banyak terjadi di teman-teman saya, akhirnya biaya liburannya membengkak karena harus membayar hotel on the spot. Kalau menurut saya, sejelek dan semurah apapun hotel di daerah tujuan, tetap harus memasukkan budgetnya. Apalagi sekaraang kita sudah dipermudah dengan aplikasi-aplikasi pencarian hotel yang sesuai dengan budget yang kita punya.

Kalau kita hanya ngandelin “ah disana kan saya punya saudara, nginep aja lah di tempatnya dia”. Ada orang yang suka dan kebanyakan malah kerepotan dengan kita menumpang sementara disana. Kalau saya biasanya menginap di hotel trus main aja kerumah beliau jika ada saudara disana. Sekedar untuk menyambung tali silahturahmi. Kecuali memang keadaannya memungkinkan untuk kita tinggal sementara disana.

  1. Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung

Pepatah ini mungkin sepele, tapi saya selalu mengaplikasikannya dimanapun saya sedang melakukan perjalanan. Apalagi kebanyakan perjalanan yang saya lakukan adalah solo, artinya saya melakukannya sendirian. Jadi ada hukum adat seperti apa aja di daerah yang akan saya datangi, setidaknya harus saya pelajari dan ketahui terlebih dahulu. Do and dont nya seperti apa, hal-hal kecil apa yang bisa menjadi “breaking the ice“antara saya dan local people yang ada disana, dan masih banyak sekali lainnya. Paling tidak kita tidak membuang sampah sembarangan itu sudah salah satu cara kita untuk menjadi smart traveller.

  1. Pilih aplikasi yang memudahkan.

Hidup di era milienial seperti sekarang ini kita akan semakin dipermudah dengan beragam aplikasi yang ada di ponsel pintar kita. Tapi kita juga harus pintar-pintar dalam memilih aplikasi yang akan kita pakai. Kalau saya untuk urusan perjalanan, satu yang selalu membantu di setiap saat adalah traveloka. Bisa pilih tiket pesawat di traveloka itu betul-betul memudahkan saya menentukan kapan saya akan traveling. Tak hanya untuk mencari tiket pesawat murah, saya juga bisa sekalian memesan hotel dan kendaraan yang akan saya gunakan untuk explore di daerah yang akan saya datangi. Tak hanya Tiket pesawat murah dan hotel, juga tersedia tiket kereta api dan beragam atraksi menarik yang bisa kita jajal experiencenya bareng aplikasi ini. Jadi untuk jadi smart traveller, pilihlah aplikasi yang benar-benar smart dan tidak kaleng-kaleng untuk urusan promo.

Santai di atas puncak Arfak Papua Barat

Mungkin itu tips sederhana dari saya untuk kalian yang akan berlibur akhir tahun. Mumpung masih ada waktu sekarang, buruan direncanakan liburan akhir taunnya mau kemana. Dengan perencanaan yang baik, saya jamin liburan kalian akan seru dan menyenangkan. Dan yang paling penting akan jadi momen yang unforgetable banget buat orang-orang terkasih.

Selamat Berlibur

Penganut Pesan Kakek "Jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu". Suka Jalan-jalan, Makan-makan, Poto-poto dan Buat Video. Cek cerita perjalanan saya di Instagram dan Youtube @lostpacker

Related Posts

Leave a Reply