Aktivitas Wisata di Bali versi Lostpacker

Semua pasti setuju kalau Bali itu tak pernah bosan untuk di jelajahi. Ngacung yang setuju dengan saya! Selalu aja ada sisi menarik yang asik, untuk di ceritakan lagi, lagi dan lagi. Itu pulalah alasan saya untuk kerap wisata ke Bali lagi, lagi, dan lagi.

Nah, kali ini saya pengen berbagi beberapa aktivitas yang biasanya saya lakukan saat wisata di Bali, yah anggap saja versi Lostpacker hehehe dan siapa tahu perjalanan kalian di Bali menjadi sebuah momen yang tak terlupakan, unforgettable gitu.

 

  1. Sunsetan di Pantai Kuta

    Bagi sebagian pejalan, Kuta memang daerah yang biasanya dihindari. Tapi tak bisa dipungkiri juga, kalau Kuta juga punya magnet tersendiri, untuk menyedot perhatian para wisatawan. Terutama para peselancar atau pemburu senja seperti saya, karena bagi saya , senja Kuta itu romantis banget. Tak salah jika sang maestro Andre Hehanusa juga membuat lagu keren tentang Kuta Bali ini.

    Mau saya nyanyiin sambil lihat sunset?

    Senja di Pantai Kuta
    Senja di Pantai Kuta

    Menikmati senja di Pantai Kuta
    Menikmati senja di Pantai Kuta
  2. Belajar Surfing

    Pasti kalian ngiri ya, kalau lihat cewek-cewek atau cowok-cowok kekar yang jalan di sepanjang pantai sambal bawa papan surfing gitu. Saya sih waktu ke Bali pertama kali iya, ngiri banget bahkan.

    Surfing di Bali
    Surfing di Bali

    Nah, dari situ timbul keinginan untuk belajar surfing juga. Setelah tanya sana-sini ternyata di Kuta banyak yang bisa ngajarin kita surfing. Bahkan ada beberapa surf school juga disana.

    Tapi, ya tau sendirilah kalau surf school  internasional itu harganya berapa? Gak cocok sama isi kantong saya traveler cekak dengan modal BPJS doang (Budget paspas-an Jiwa Sosialita).

    Pantai Padang padang Bali
    Pantai Padang padang Bali

    Alhasil, sayapun mendapatkan jawabannya dengan belajar sama bli-bli yang biasanya nyewain papan surfing di sepanjang pantai. Selama belajar dua hari, saya mengira beliau adalah pria Bali, karena otot yang mencuat dan perut kotak-kotak. Belum lagi kulitnya yang tanned 100 persen sekujur tubuh, makin menguatkan saya kalau Bli ini asli Bali.

    Namun ternyata doi adalah penduduk Banyuwangi geng, mas-mas jawa. Sejenislah sama saya, mas-mas jawa berkulit gelap.

  3. Uji nyali dengan watersport di Benoa

    Tanjung Benoa memang jadi tempat beragam olahraga air. Nah, keputusan yang tepat ketika saya ingin mencoba adrenalin dengan datang kesini. Banyak sekali ragam olah raga air yang bisa kalian coba. Kalau saya lebih tertarik sama parasailing, atau mau main tentara-tentara payung-an yang ditarik sama speed boat di bawah.

    Tadinya sih kepikirannya, “Wah kalau diatas bisa dong ngintipin mbak-mbak Bule yang sedang berjemur”, ternyata tidak gaes. Terbangnya tinggi sekali, jadi perahu di bawah aja kelihatan seperti semut-semut kecil. Trus saya mikir, “Ini kalau talinya putus, saya bisa terbang ke kayangan dong ketemu mimi peri”.

    Untungnya itu hanya halu saya saja.

    Olah raga air di Tanjung Benoa Bali
    Olah raga air di Tanjung Benoa Bali
  4. Menikmati Hidup di Dreamland

    Pantai ini namanya sekarang sudah ganti. Patokannya adalah perumahan griya pecatu indah dan ada café Kelapa-nya mas Tommy. Padahal dulu tempat ini adalah tempat paling pewe buat saya ketika main ke Bali.

    Banyak penginapan bilik-bilik bamboo diatas tebing yang menghadap kelaut dengan harga yang terjangkau. Kan asik buat mojok sama…ah sudahlah, semua sudah menjadi kenangan.

    Uhukkkk, nggokkkk!!

    Seru nih duduk nyantai di sini
    Seru nih duduk nyantai di sini
    Pantai Dreamland Bali setelah ramai
    Pantai Dreamland Bali setelah ramai

    Eniwei, tempat ini memang asik untuk menikmati hidup.

    Terserah kalian mau dimana. Berbaring manja di pangkuan dipan-dipan yang disewakan masyarakat atau menikmatinya di pool Klapa Resto, atau sekedar duduk-duduk manja, silahkan. Saya sendiri sudah mencoba semua [horang kayah], dan semuanya nikmatttt.

    Apalagi pas sunset menjelang, duh damai banget, tapi jangan bayangin mantan yaaa.

    Pool Cafe Klapa Dreamland Bali
    Pool Cafe Klapa Dreamland Bali

    Dreamland versi lama Bali
    Dreamland versi lama Bali
  5. Menonton tari kecak di uluwatu pas sunset

    Buat kalian yang pemuja senja dan penikmat budaya, ini merupakan salah satu atraksi wisata di Bali yang gak boleh kalian lewatkan. Menikmati tarian demi tarian dengan latar belakang panorama laut, dan senjanya yang luar biasa, itu sempurna sekali kawan.

    Kecak Uluwatu Bali
    Kecak Uluwatu Bali

    Senja dengan latar depan pementasan tari kecak itu sungguh sebuah magical moment banget dah, so silahkan dicoba.

  6. Menyapa Senja di Tanah Lot

    Selain Dreamland, Kuta, dan Uluwatu, Tanah Lot juga menawarkan aura senja yang mempesona.

    Damai diiringi oleh debur ombak membuat suasana kian romantis. Apalagi dilanjutkan dengan makan malam berdua di restoran-restoran sekitar situ… duhh juara deh pokoknya.

    Tanah Lot Bali
    Tanah Lot Bali
  7. Nyobain Kuliner Khas Bali

    Satu dari sekian aktvitas wisata di Bali yang paling saya suka, yaitu kuliner. Selain ayam betutu yang fenomenal, Bali juga punya banyak sekali menu kuliner yang memanjakan lidah kita. Beberapa diantaranya adalah bebek bengil, sate lilit dengan nasi campurnya.

    Duh saya jamin diet kalian bakal bubar jalan seketika.

    Berani nyoba?

    Bebek Bengil Ubud Full Set
    Bebek Bengil Ubud Full Set
    Nasi Campur Bali
    Nasi Campur Bali

    Sambel Matah Bali
    Sambel Matah Bali
  8. Main Yoga-yoga-an di Pantai pas Sunset

    Yoga itu banyak sekali keuntungannya buat kita. Selain sehat fikiran, kita juga di ajak untuk menemukan kedamaian. Nah lebih lagi kalau kita melakukannya di pantai pas sunset, bareng pasangan ataupun sahabat, pasti damai sekali ya kawan.

    Yoga di Pantai Bali
    Yoga di Pantai Bali
  9. Snorkeling di Pulau Menjangan

    Walau letak Taman nasional Bali Barat ini, agak jauh dari pusat keramaian di Kuta ataupun tempat lainnya, tapi pesona yang ditawarkan sungguh bisa memacu adrenalin kita. Buat kalian yang suka adventure ini tempat yang pas untuk menyalurkan hobi kalian. Yang punya licence diving bisa diving dilokasi ini.

    Underwater Pulau Menjangan Bali
    Underwater Pulau Menjangan Bali
    Snorkeling di Pulau Menjangan Bali
    Snorkling di Pulau Menjangan Bali

    Nah, yang tidak punya dive licence bisa kok diving-diving manja discover dive bareng mas-mas dive buddy-nya. Atau sekedar snorkeling juga asik kok. Tapi baik snorkeling ataupun diving kalian harus di temani oleh buddy yang berpengalaman, agak tidak sembarangan menginjak karang atau melakukan hal-hal bodoh, yang bisa membahayakan keberlangsungan ekosistem disana.

  10. Menyepi ke Amed

    Belum banyak yang tahu, kalau Bali itu punya Amed yang masih lumayan sepi. Jadi tempat ini asik banget untuk menikmati sisi lain Bali. Sekarang sudah banyak penginapan berbagai range harga di lokasi ini. Dan duduk diatas bukit sambil menikmati pagi adalah pengamalam yang luar biasa buat saya.

    Teluk Amed Bali
    Teluk Amed Bali

    Perahu di Amed Bali
    Perahu di Amed Bali
  11. Staycation di hotel dan resort keren

    Liburan gak lengkap tanpa hunian sementara yang asik.

    Nah, kalau mau ngomongin hunian sementara atau Hotel dan resort, Bali memang juaranya. Segala jenis resort dan hotel ada disana. Dari yang harganya abal-abal hingga yang bisa buat beli kerupuk berkarung-karung juga ada.

    Nyantai di Ayana Hotel Bali
    Nyantai di Ayana Hotel Bali
    Resort di Bali
    Resort di Bali

    Nah kalau mau hanya menikmati resort atau hotel itu, silahkan datang ke Bali kawan. Saya pastikan kalian akan bahagia sekali menemukan resort atau hotel-horel tematik yang unik disana.

  12. Dinner di Jimbaran

    Ini bukan restoran Jimbaran yang ada di Ancol lho geng, tapi restoran-restoran yang ada di pantai Jimbaran. Banyak sekali resto enak disana.

    Saya pernah di Bali dua minggu, cuma pengen nyobain satu persatu restoran yang ada di sepanjang pantai Jimbaran ini. Tapi pilihan saya tetep Menega café yang paling the best.

    Makan malam di Jimbaran Bali
    Makan malam di Jimbaran Bali

    Gak heran kalau resto ini selalu ngantri setiap malamnya. Tapi rasa mah subjektif ya, gak ada takaran pasti dan selera orang beda-beda.

    Jadi kalau mau ada yang meniru saya liburan ke Bali dua minggu nyobain restoran-restoran itu, silahkann. Ajak-ajak tapi yaaaa…

    Udang Bakar Jimbaran Bali
    Udang Bakar Jimbaran Bali
  13. Hangout bareng teman

    Jalan bareng teman, keluarga atau gebetan untuk menikmati momen-momen berharga di Bali adalah tepat. Bali menawarkan banyak sekali pilihan tempat hangout yang asik. Dari sekedar menikmati senja di sebuah beach club sampai hangout di tempat hingar-bingarnya Bali juga ok. Selain itu juga banyak tempat ngopi asik disana, kalau yang tidak suka dengan club dengan kehebohannya.

    Senja di Kudeta Bali
    Senja di Kudeta Bali
    Beach Club Bali
    Beach Club Bali
    Senja di Dreamland bali
    Senja di Dreamland bali

    Mirror Bali
    Mirror Bali
  14. Rekomendasi: Cafe di Canggu yang wajib dikunjungi versi PuspaSiagian

***

Nah, itu tadi adalah beberapa hal asik, yang akan membuat liburan di Bali makin berkesan. Tentu masih banyak lagi sebenarnya aktivitas wisata di Bali, namun setidaknya itulah beberapa rekomendasi saya. Jangan lupa kalau liburan, buat foto-foto yang cetar dan instagramable banget, biar yang liat makin sirik, eh kok niatnya jelek ya ha ha, bodo’ ah, yang penting keceh badai.

Buat kalian yang gak mau ribet mesan hotel dan pesawat sebelum liburan, sekarang Traveloka sudah bisa memenuhi keinginan kita lho kawan. Jadi kita bisa pesan hotel dan pesawatnya sekaligus. Jadi lebih hemat waktu dan effisien.

Yang paling buat saya suka sih proses pembayarannya yang mudah dan beragam. Jadi buat yang mau pergi dalam grup atau bareng keluarga mertua, jangan khawatir itu mengurusnya. Sekarang beragam system pembayaran sudah hadir kok di Traveloka.

Bisa bayar dengan cicilan, kartu kredit, transfer atau di mini market dekat rumah sambil godain mbak-mbaknya yang geulis pisan euy.

Nah, kalau dulu kan mau pesen-pesen tiket ginian harus punya Kartu kredit. Sekarang mah jaman sudah serba mudah.

Tampilan Hotel dan Flight di Traveloka
Begini nih tampilan buking barengan Hotel dan Flight di Traveloka

Selain kemudahan-kemudahan itu, kita juga bisa mudah sekali merubah jadwal penerbangan lewat aplikasi di handphone kita. kalau dulu kita harus ribet nunggu proses perubahan di kantor cabang atau harus ngoceh lama-lama di telepon sama call center maskapai, sekarang mah tinggal klik-klik-klik, selesai deh.

Seperti pengalaman saya waktu mudik ke Pati, Tapi tiba-tiba harus balik ke Jakarta karena ada acara penting. Gampang tinggal rubah, bayar biaya dan biaya selisih harga tiketnya. Nah fair-nya adalah kalau harga tiket barunya lebih murah, kita dapat kembalian lho he he.

Kalau kamu lagi wisata di Bali, aktivitas apa yang paling favorit untukmu? Coba share di kolom komentar ya!

Penganut Pesan Kakek "Jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu". Suka Jalan-jalan, Makan-makan, Poto-poto dan Buat Video. Cek cerita perjalanan saya di Instagram dan Youtube @lostpacker

Related Posts

Leave a Reply