Pulau Kanawa yang Mempesona, Pulau Cihuy Bagi yang Galau Laut

Lostpacker galau di Pulau Kanawa

Pulau Kanawa adalah sebuah pulau kecil yang letaknya ada di perairan Flores. Nama Kanawa sendiri memiliki kemiripan dengan nama sebuah pulau di Sumbawa Barat, yaitu Pulau Kenawa.

Hanya beda satu huruf saja, nama Kanawa dan Kenawa ternyata terletak di propinsi yang berbeda. Kalau Kanawa di Nusa Tenggara Timur, Sedangkan Kenawa ada di Nusa Tenggara Barat. Ingat ya, jangan kebalik-balik.

Sekilas, Kanawa di Flores dan Kenawa tidaklah jauh beda. Sama-sama pulau kecil di tengah laut yang dihiasi dengan keindahan sekitar pulau, pantai dan bawah lautnya.

Kanawa, pulau kecil dikelilingi oleh terumbu karang yang indah, dihiasi pantai pasir putih dengan air laut yang bening adalah dambaan bagi para pecinta laut. Tak terkecuali dengan saya. Sebagai pecinta pulau sepi, Kanawa menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa indah.

Saya tidak pernah bosan walau sudah beberapa kali mengunjungi pulau Kanawa ini. Kali ini, setelah beberapa hari berkeliling menikmati indahnya daratan Flores, kaki ini melangkah kembali menuju destinasi idaman, Pulau Kanawa.

 

TABLE OF CONTENT

 

Letaknya tak jauh dari Labuan Bajo. Mungkin kalau ditarik garis lurus hanya berjarak sekitar 15 km saja. Namun, bila menggunakan kapal kayu yang menjadi transportasi utama dari dan menuju pulau tersebut, membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam.

Bagi kamu yang pengen liburan ke Pulau Kanawa, tidak usah khawatir, karena akses menuju kanawa sudah mudah sekali. Pengelola pulau Kanawa di Flores menawarkan antar jemput gratis bagi para tamunya dari Labuan Bajo.

Pihak pengelola pulau sudah menyiapkan kapal yang akan mengangkut para wisatawan yang hendak berkunjung dan menginap di pulau. Waktu keberangkatan biasanya sudah ditetapkan yaitu pukul 12.00 siang dari Labuan Bajo, dan pukul 08.00 pagi dari Pulau Kanawa.

Jadi kamu bisa menyiapkan memilih tiket pesawat agar tiba sebelum jam tersebut.

Tepat pukul 12:00, semua wisatawan yang hendak berkunjung ke Kanawa sudah berkumpul di kantor perwakilannya Kanawa Beach Bungalow, di Labuan Bajo. Petugas selanjutnya memandu para tamu yang sudah terdata untuk berjalan menuju pelabuhan. Sementara barang bawaan sudah diangkut dengan mobil menuju ke kapal.

Jarak antara kantor Kanawa Beach Bungalow menuju dermaga kapal Tilong ini sebenarnya tak jauh. Namun, karena siang hari terasa sangat terik sekali, perjalanan cukup menguras keringat juga. Setelah semua persiapan selesai, dan penumpang naik satu per satu. Kapal kami pun segera meninggalkan pulau.

Daratan Flores lambat laun terlihat mengecil, berganti biru laut perairan Flores. Selama satu setengah jam berlayar, kapal kemudian memasuki perairan persis di samping pulau.

Dari kejauhan, Pulau Kanawa ini hanya sebuah bukit batu kecil yang biasa saja. Namun, setelah kapal mendekat, saya langsung berdecak kagum dengan keindahannya.

Hamparan karang di bawah terlihat begitu jelas dari permukaan air. Pantai pasir putihnya seakan mengundang siapapun untuk bercengkrama disana. Belum lagi bukit di belakang bungalow yang juga menarik untuk didaki dan menikmati panorama dari atas ketinggian.

 

Akomodasi di Pulau Kanawa

Setelah proses check-in dan mengurus administrasi di sebuah restoran kecil pinggir pantai, seorang staf kemudian mengantarkan saya ke sebuah tenda.

Iya, tenda adalah pilihan saya. Alasannya mudah saja, karena tenda adalah akomodasi yang paling murah di pulau ini.

Satu hal yang saya suka disini adalah, semua bangunannya tidak ada yang permanen. Semua terbuat dari unsur alam. Dan ini juga salah satu alasan banyak sekali wisatawan mancanegara mampir ke pulau Kanawa ini.

Ada tiga jenis penginapan di pulau ini:

  1. Tenda

    Akomodasi yang paling murah. Di dalam tenda sudah tersedia kasur, bantal, guling dan selimut. Kamar mandi sharing dengan tamu lain.

  2. Bale

    Mirip sebuah gazebo yang biasa ada di taman-taman dan digunakan sebagai tempat beristirahat. Di dalam Bale juga sudah tersedia kasur, bantal guling, kelambu, lampu, dan sebuah stop kontak listrik. Kamar mandi sharing dengan tamu lain.

    Bale di Kanawa
    Bale di Kanawa

    Bale-bale di Kanawa Island
    Bale-bale di Kanawa Island
  3. Bungalow

    Ada sekitar 14 Bungalow di pulau ini (data terakhir saat berkunjung). Terbagi menjadi dua kelas, yaitu Standard dan Deluxe. Setiap Bungalow dilengkapi dengan kelambu, dan kamar mandi. Sementara di teras sudah digantungkan sebuah hammock yang bisa kita pakai untuk sekedar beristirahat atau bersantai.

    Akomodasi Bungalow di Pulau Kanawa
    Bungalow di Pulau Kanawa

Update:
Data akomodasi diatas adalah saat perjalanan saya ke Pulau Kanawa antara tahun 2013 dan 2014. Saat ini pengelola Pulau Kanawa sudah berganti.

 

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pulau Kanawa

  1. Melihat hiu dari dermaga

    Terletak di Kepulauan Flores, Pulau Kanawa ini tentu tak hanya menawarkan keindahan pulau saja. Coba longokkan kepala sebentar melihat potensi bawah lautnya. Sempurna banget, kawan!

    Ekosistem laut yang ada di Kanawa memang sengaja dijaga sedemikian rupa. Sehingga duduk saja di dermaga, kita bisa melihat dengan mudah beberapa anak hiu sedang asik berenang di perairan dangkal.

    Dengan mata telanjang kita sudah bisa melihat tingkah pola hiu kecil itu hilir mudik di samping dermaga tanpa merasa terganggu.

    Jernihnya air laut di sekitar pulau ini membuat ikan-ikan tersebut seolah berenang dalam sebuah akuarium raksasa.

  2. Snorkeling

    Cara lain untuk menikmati keindahan bawah air Pulau Kanawa ini adalah dengan snorkeling.

    Jangan khawatir bila tidak membawa peralatan snorkeling. Di pulau ada sebuah Dive Center yang menyewakan peralatan untuk snorkeling. Harganya pun tidak terlalu mahal, sekitar Rp 50.000,- per hari.

    Spot snorkeling tersebar di pulau ini. Tinggal pilih mau yang mana. Namun biasanya spot yang paling asoy berada di bagian timur pulau. Jika sedang beruntung, kita bisa bertemu hiu dan penyu di spot ini. Ikan-ikan beraneka jenis yang berenang asik kesana-kemari berkelompok, seolah tidak terganggu dengan kehadiran kita.

    Keindahan laut di Kanawa
    Pulau yang begitu menawan
  3. Diving

    Nah, kalau kamu sudah punya ijin menyelam, aktivitas lainnya adalah menyelam, atau diving. Satu-satunya Dive Center di pulau ini menyediakan segala peralatan menyelam yang kamu butuhkan. Tinggal datang, ambil paket menyelam, dan nikmati surga bawah air yang tersaji di sekitar Pulau Kanawa.

    Nah, bagi kamu yang pengen banget mendapatkan ijin menyelam, Dive Center ini juga menyediakan training dan ujian.

  4. Menyusuri Pantai Pasir Putih

    Selain pesona bawah airnya yang indah, Pulau Kanawa sendiri juga memiliki pesona pantai pasir putih yang membentang di bagian selatan pulau.

    Tinggal duduk di bawah rindangnya pepohonan yang ada di pinggir pantai, menatap ke arah laut biru yang tenang di bawah langit cerah seakan membuat mata kita seolah enggan berkedip walau sebentar saja melewatkan keindahan yang tersaji di depan mata.

    Beningnya air laut pantai Kanawa
    Beningnya air laut pantai Kanawa
  5. Sunset

    Sunset adalah keindahan lain yang ditawarkan pulau ini. Ada banyak spot untuk menikmati matahari tenggelam ini. Spot yang biasanya ramai saat menunggu matahari tenggelam adalah di Beach Bar.

    Dengan segelas minuman hasil racikan bartender, ditemani alunan musik, berpadu dengan riak-riak kecil ombak yang menghampiri pantai terasa begitu indah dinikmati saat momen-momen seperti ini. Seriusan!

    Beach Bar Kanawa Island
    Beach Bar Kanawa Island
    Matahari tenggelam Pulau Kanawa
    Matahari tenggelam Pulau Kanawa

    Sunset di Pulau Kanawa
    Sunset di Pulau Kanawa. Seandainya ada kamu menemaniku duduk di bawah pohon itu
  6. Menikmati keindahan Kanawa dari bukit

    Kurang lengkap rasanya main di Pulau Kanawa ini tanpa naik ke atas bukitnya. Bila sudah disana, cobalah menaiki bukit yang ada di belakang Bungalow. Oleh pengelola tempat, diatas sudah disiapkan sebuah tempat duduk dari bambu yang bisa digunakan untuk menikmati sunset.

    Dari atas ketinggian, kita akan menikmati keindahan matahari tenggelam lebih syahdu. Semilir angin yang menerpa wajah seolah mengantarkan sebuah dongeng keindahan yang dibawa saat matahari tenggelam di ufuk barat sana.

    Berbeda dengan di depan bar, di puncak bukit ini yang ada hanya keheningan dan keindahan. Keduanya berpadu dalam sebuah fragmen keindahan.

    Panorama Kanawa Island dari bukit
    Santai sejenak, geng!

    Sunset di bukit Kanawa
    Senja di atas bukit
  7. Hunting Milky Way

    Lihatlah langit di atas pulau ini, sebuah milky way bertengger dengan indahnya dihiasi oleh ribuan bintang di dekatnya.

    Milky way di Pulau Kanawa
    Habis senja, terbilah Milky Way

    Kala itu saya hanya tiduran di dermaga sambil menengadah ke atas menikmati keindahan yang tersaji di pulau saat itu.

    Hening dan damai kembali saya rasakan. Penat yang terkumpul dari perjalanan beberapa hari pun berangsur pulih sedikit demi sedikit, tergantikan dengan kegembiraan bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di pulau ini.

***

Pulau kecil ini memang cocok sebagai tempat untuk melarikan diri sejenak dari himpitan rutinitas hidup yang monoton. Tinggal di sebuah pulau yang menawan, berhias pesona alam yang tenang, membuat kita seolah berada di sebuah pulau pribadi yang cantik.

Cek keindahan lainnya berikut!

Keindahan dan keramahan yang ditawarkan Pulau Kanawa seolah membuat saya atau mungkin siapa pun yang pernah berkunjung kemari, ingin segera kembali dan kembali lagi walau hanya sekedar menyapa kedamaian.

Jadi tunggu apalagi, silahkan datang dan buktikan sendiri nikmatnya jalan-jalan ke pulau Kanawa. Saya sih masih mau kalau ada yang mau ngajakin ke pulau Kanawa ini.

 

Video Perjalanan

Video perjalanan ke Pulau Kanawa ini adalah cerita perjalanan saya saat tahun 2013 dan 2014 yang lalu. Tentu, sudah ada sedikit perubahan di Pulau Kanawa, tapi jangan khawatir, Pulau Kanawa ini masih terawat keindahannya dan juga damai, koq.

Jangan lupa untuk SUBSCRIBE, LIKE, COMMENT kalau kalian suka Video ini.

***

 

Tips Liburan ke Pulau Kanawa Flores

  • Rute yang ditempuh adalah Jakartaβ€”Baliβ€”Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo sudah ada kapal PP dari pengelola pulau.
  • Langit di Kanawa itu sangat indah pada malam hari. Kalau cuaca bagus milkyway sering terlihat disana, gunakanlah lensa bukaan lebar untuk mengambilnya.
  • Listrik di pulau ini dihasilkan dari sebuah genset yang nyala hanya dari pukul 6 sore hingga pukul 11. Persiapkan charger untuk mengisi baterai peralatan kamera. Untuk Tenda memang tidak terdapat stop kontak listrik, silahkan titip di restoran.
  • Penggunaan air tawar juga terbatas, jadi jangan harap bisa berendam di bak atau mandi dibawah shower lama. Karena kasihan tamu yang lain jika airnya kita habiskan. Apalagi jika kita menggunakan kamar mandi sharing.
  • Siapkan kamera bawah air ya, saya menyesal kemarin tidak membawa kamera bawah air, sementara keindahannya begitu sempurna.

Penganut Pesan Kakek "Jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu". Suka Jalan-jalan, Makan-makan, Poto-poto dan Buat Video. Cek cerita perjalanan saya di Instagram dan Youtube @lostpacker

Related Posts

17 Responses
  1. Ahaaaa, kak Dalijo pernah ngasih tau hal yang sama! Kenawa dan KANAWA itu bedaaaa. (tapi kak Dalijo bilangnya Kenawa di deket Sumba (bukan Sumbawa) .. semacam menyesatkan lagi. :)))

    Aku belum pernah nginjek pulau KANAWA, tapi terumbu karangnya emang kece yaa, cuma lewat berenang-renang. Kalau ke sana pas musim kemarau, gersang segersang-gersangnyaa…

    1. selfie sih bisa aja, tinggal set di tripod trus bobok2 cantik dah, nah kalo foto itu di fotoin temen waktu itu.. *semoga gak ada pertanyaan selanjutnya “siapa temennya?” ha ha

Leave a Reply