10 Pantai di NTT Yang Keindahannya Bakal Bikin Kamu Susah Move ON!!

Pantai Kepa Pulau Alor Kecil

Keindahan Nusa Tenggara Timur memang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari budaya, adat istiadat yang adi luhur, hingga pesona keindahan alamnya yang luar biasa. Terutama pantainya. Ya, ada banyak sekali pantai di NTT ini yang keindahannya bikin susah move on.

Berikut adalah 10 pantai di NTT yang keindahannya wajib kalian datangi ketika mengunjungi Nusa Tenggara Timur.

Tentu saja, tidak hanya sepuluh ini saja, masih banyak pantai di NTT yang tidak kalah indahnya. Mungkin di lain kesempatan dan postingan akan saya ceritakan kembali.

  1. Pantai Rutong โ€” Flores

    Pantai ini berada di kawasan Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung. Naiklah ke sebuah bukit kecil yang tak jauh dari pantai. Pemandangan dari atas bukit itu sungguh luar biasa. Tapi kalau tidak mau naik ke atas, cukup leyeh-leyeh di pantai pasir putihnya saja.

    Saya jamin pasti males pulang ke Riung lagi.

    Pantai Rutong Flores
    Pantai Rutong, Flores
  2. Pantai Pulau Bidadari

    Pulau Bidadari ini letaknya tidak jauh dari Labuan Bajo. Jadi sebenarnya aksesnya gampang sekali. Tidak sampai satu jam perjalanan dengan menggunakan perahu yang dapat disewa dari nelayan setempat, kita sudah bisa menikmati pantai bersih dan sunyi.

    Bentangan pasir putihnya yang anggun, membuat saya betah berlama-lama di pantai ini. Bagi penggila snorkeling, Pantai Pulau Bidadari ini memiliki pesona bawah laut yang luar biasa. Mulai dari softcoral warna-warni hingga ikan-ikan kecil yang lucu sekali.

    Pantai di NTT โ€” Pantai Pulau Bidadari
    Salah satu pantai di NTT yang indah banget, Pantai Pulau Bidadari, tak jauh dari Labuan Bajo.
  3. Pantai Mandorak

    Pantai ini adanya di Kodi, Sumba Barat. Untuk mencapainya bisa dari Waitabula menuju Kodi. Tidak ada petunjuk jelas untuk mencapainya. Check point-nya adalah Lagoon Waekuri.

    Sebelum Waekuri ada jalan kecil yang banyak di tumbuhi ilalang. Rajin-rajinlah bertanya kepada warga lokal yang kamu temui. Pantainya sendiri indah, tapi bukan tipikal yang bisa di renangi. Ombak-ombak di pantai cukup besar kadang datang secara tiba-tiba.

    Saran saya, naiklah ke batu-batu karangnya. Karena pemandangan Mantai Mandorak dari atas batu karang itu sungguh luar biasa.

    Pantai Mandorak Sumba Barat
    Pantai Mandorak di Sumba Barat ini indah sekali kawan!
  4. Pantai Mekko

    Pantai ini sejatinya adalah pantai gosong pasir yang akan terlihat kecil ketika air sedang pasang. Tapi keindahannya begitu memikat hati saya ketika mengunjunginya.

    Letaknya ada di Pulau Adonara. Adonara sendiri adalah pulau kecil di sebelahnya Larantuka di Flores Timur. Ada kapal penduduk reguler menuju Adonara.

    Nah, silahkan bertanya kepada penduduk perihal pulau ini. Nama Mekko sendiri adalah nama kampung yang letaknya tidak jauh dari pulau kecil ini.

    Pantai di NTT โ€” Pantai Mekko Pulau Adonara
    Pantai Mekko ini ada di depan Desa Mekko Adonara
  5. Pantai Kepa

    Kepa adalah pulau kecil nan indah. Letaknya di sebelah Alor Kecil. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Pulau Alor menuju ke pulau Kepa. Di pulau ini sudah ada penginapan dan dive center. Jadi jangan khawatir kalau mau berkunjung kesini.

    Snorkeling di depan penginapan saja ikan-ikannya sudah banyak sekali. Bagi kalian penggila diving, Alor adalah rumah kalian. Pantai di pulau Kepa juga cenderung landai. Yang bikin saya mupeng susah move on adalah airnya jernih banget.

    Nyemplung yukkk.

    Pantai di NTT, Pantai Kepa Pulau Alor Kecil
    Pantai ini ada di pulau kecil yang bernama Kepa. Indah kan pemandangannya!

  6. Pantai Ndana

    Pantai Ndana ini berada di sebuah pulau kecil yang letaknya berada di ujung selatan Nusantara. Nama Ndana sendiri sejatinya juga nama pulau tersebut. Pulau ini tidak berpenghuni. Hanya ada dua pos jaga dari Angkatan darat dan Angkatan Laut.

    Yang menarik dari Pulau Ndana adalah savananya yang indah. Senja di pulau ini juga sangat syahdu. Nah, kalau ngomongin pantainya, silahkan lihat sendiri. Sebagai penggila pantai, bisa di bilang saya mengalami puncak kenikmatan berada di pantai ini.

    Menuju pulau ini harus ke pulau Rote terlebih dahulu. Nah, untuk menyebrang silahkan datang ke Desa Oeseli dan mencari perahu nelayan yang bisa mengantarkan kesana. Jangan lupa untuk melapor terlebih dahulu ke pos Marinir yang ada di Desa Oeseli.

    Pantai Ndana Rote
    Pantai Pulau Ndana, Rote.
  7. Pantai Kolbano

    Bagi pecinta pantai dengan pasir putih nan lembut, Pantai Kolbano pasti tidak masuk kriteria. Tapi buat saya, Kolbano sangat spesial.

    Kenapa?

    Karena letaknya yang mudah di jangkau dan yang menjadi unik dari pantai ini adalah bebatuan di sepanjang pantai yang warna-warni. letaknya tidak jauh dari ibukota NTT, Kupang. Jadi yang berencana mengunjungi Kupang, silahkan menyempatkan diri mampir kesini.

    Pantai di NTT, Pantai Kolbano Kupang
    Pantai Kolbano ini letaknya tak terlalu jauh dari Kupang
  8. Pantai Otan

    Kalau yang suka nonton acara TV anak-anak pasti kenal dengan tokoh Otan. Tapi nama pantai ini tidak ada hubungannya dengan acara TV itu.

    Pantai Otan letaknya ada di pulau Semau. Sebuah pulau kecil yang tidak terlalu jauh dari Kupang. Tidak sampai satu jam menyeberang dari pelabuhan Kupang menuju semau. Pantainya sendiri cenderung sepi. Jadi silahkan menikmati keindahan yang tersaji sendirian. Anggap aja pantai pribadi.

    Pantai Otan Pulau Semau Kupang
    Pantai Otan Semau
  9. Pantai Pulau Padar

    Pulau Padar adalah salah satu dari tiga pulau besar yang ada di Taman Nasional Komodo. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari Pulau Komodo. Pantai ini masih jarang di datangi orang.

    Namun akhir-akhir ini mulai banyak di kenal orang, setelah foto-foto keindahannya tersebar di ranah media sosial. Untuk mencapai pantai ini kita harus menyewa kapal dari Labuan Bajo. Saran saya, naiklah keatas bukitnya. Disanalah letak rahasia keindahan dari pantai ini.

    Pantai Pulau Padar Flores
    Pulau Padar in pantai-pantainya sadis sekali indahnya
  10. Pantai Pink Komodo

    Pantai yang letaknya masih ada si kawasan Pulau Komodo ini sudah terkenal sekali. Bentuknya menyerupai teluk kecil yang landai. Jadi ombaknya juga tidak terlalu besar.

    Daya tarik dari pulau ini adalah warna pink di pasir pantainya. Warna itu sendiri sejatinya adalah pecahan-pecahan coral merah yang terbawa ombak dan menyatu dengan pasir pantai.

    Tentu pantai Pink Komodo ini bukan satu-satunya yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Salah satunya Pink Beach Lombok. Tapi yang selalu saya suka dari pantai ini adalah, soft coralnya gemuk-gemuk dan sehat.

    Pantai Pink Pulau Komodo
    Datanglah tepat waktu agar pantainya benar-benar terlihat Pink

Jadi tungu apalagi, buruan packing dan menjelajah pantai-pantai indah ini. Masih banyak sebenarnya pantai di NTT yang indahnya kebangetan. Untuk menentukan sepuluh saja rasanya saya di buat pusing tujuh keliling. Setidaknya sepuluh ini dululah yang wajib kalian datangi ketika sedang berada di Nusa Tenggara Timur.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video kece di bawah ini.

Mari Mantai!!!!

Penganut Pesan Kakek "Jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu". Suka Jalan-jalan, Makan-makan, Poto-poto dan Buat Video. Cek cerita perjalanan saya di Instagram dan Youtube @lostpacker

Related Posts

33 Responses
    1. Erniwati Puhugelong Lamanepa

      Hallo Hakim Brama Kumbara,.hahahha,.itu pulau pasir NUha yg ditengah laut bukan pantai yang ada dipesisir pantai Mekko,.hanya karena wilayahnya masuk desa Mekko jdi kadang disebut pantai Mekko,..dan dia jauh lbih indah dari Wato Tena n Ina Burak,beda dngn mereka krna dia bukan di pinggir pntai..#Mudik#Mudik#biar kita mantai,..hihihi

  1. Erniwati Puhugelong Lamanepa

    Horeeeeeee,.pulau pasir NUha Watan Peni ku di Mekko menjadi cover artikelnya,..Trmksih sudfah berkunjung ke ADONARA Mas Idolaaa..

  2. Pantai-pantai di NTT memang keren-keren
    DI Labuan Bajo dan Pulau Komodo semakin banyak saja yang berkunjung kesana
    Belum lagi akan ada Tour de Flores 2016 di bulan Mei nanti
    Pasti bakal banyak sekali pantai-pantai di pulau Flores dari Flores Timur (Larantuka) sampai Manggarai Barat (Labuan Bajo) yang semakin terekspos secara internasional.

    10 Pantai terbaik di NTT ini masih jarang yah pantai-pantai di selatan pulau Timor
    Bagus-bagus pantainya, hanya saja akses kesana yang belum memadai.

Leave a Reply