Tips Wisata Berobat di Penang, Malaysia

Berwisata ke Penang tak hanya tentang kota bersejarah dan kuliner lezat saja. Sambil melakukan wisata kita juga bisa berobat di Penang . Dan Penang adalah salah satu tempat yang selalu membuat saya kangen untuk datang berlibur kembali.

Buat saya yang senang jalan kaki, Penang adalah kota yang cocok di jelajahi dengan jalan kaki. Selain mudah menentukan pilihan, semua informasi yang ada di kota tersebut juga lengkap. Namun ternyata Penang punya satu keunggulan lagi. Hal ini saya sadari ketika berjumpa dengan beberapa wisatawan yang menginap di hotel yang sama. Mereka rata-rata berasal dari pesisir Sumatra hingga Jawa. Datang ke Penang selain buat wisata juga buat berobat. 

Kotanya asik buat jalan kaki

Sebelum pergi berlibur, biasanya saya hanya fokus merencanakan 2 hal: tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi dan makanan-makanan lokal yang wajib dicicipi nantinya. Namun sedikit berbeda khusus untuk Penang, Malaysia. Selain memiliki banyak spot yang indah dan pilihan kuliner yang beragam, Penang juga memiliki banyak rumah sakit berstandar internasional dengan biaya terjangkau. Tidak heran, sebagian besar turis yang datang, pergi berlibur sambil berobat. 

Kuliner Penang itu sungguh menggairahkan

Berdasarkan data dari Malaysia Healthcare Travel Council, jumlah turis asal Indonesia yang datang ke Penang di tahun 2018 adalah sekitar 600.000 orang. Angka ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun 2011 lalu. Hal ini karena para wisatawan yang dayang ke Penang, sudah semakin mudah mendapatkan penerbangan langsung. Sebut saja maskapai Citilink dan Airasia terbang langsung dari Jakarta dan Surabaya sejak tahun 2017. Hal ini semakin mempermudah kita yang mau datang ke Penang. Kalau dulu saya harus transit dulu ke Kuala Lumpur ataupun Singapura.

Nah berobat ke Penang, biasanya lebih hemat sih

Buat teman-teman yang tertarik mau mencoba liburan sambil berobat ke Penang? berikut tips-tips penting yang dibagikan Birgita dari BerobatKePenang.com, kantor perwakilan beberapa rumah sakit Penang di Indonesia. Simak ya:

Tentukan Apa yang Ingin Anda Obati/Cek 

 “Saya tidak memiliki keluhan atau sakit apa pun, lalu apa yang perlu diperiksa?”, hal ini kerap muncul di benak kita saat mendengar kata berobat.

Well, jika begini kondisinya, sebaiknya lakukan Medical Check Up. Dengan melakukan check up, sebagian besar fungsi organ utama tubuh Anda akan dicek, mulai dari jantung, hati, ginjal, mata, tulang, hingga tiroid. Jadi Anda bisa betul-betul yakin kalau badan Anda sehat secara medis, tidak hanya secara perasaan.

Banyak rumah sakit canggih juga di Penang

Ada baiknya untuk melakukan check up secara berkala, misal 1 tahun sekali agar jika terdapat indikasi penyakit, bisa segera diketahui dan dilakukan pengobatan sejak dini. 

Jika Anda punya keluhan tertentu, bisa hubungi berobatkepenang.com untuk mendapatkan rekomendasi dokter spesialis yang dapat menangani keluhan Anda. 

Berhubung slot untuk medical check up umumnya dibatasi oleh RS dan cepat penuh, jangan lupa untuk booking dulu sebelum keberangkatan. Begitu juga jika ingin buat appointment ketemu dokter, jangan sampai ternyata slot dokternya sudah penuh atau dokternya sedang cuti. Dengan bantuan BerobatKePenang.com, Anda pasti bisa check up atau ketemu dokter di hari H. 

Dokter di rumah sakit Penang

Minta Perkiraan Biaya Berobat

Pastikan Anda minta perkiraan biaya yang diperlukan untuk berobat nantinya. Khususnya bagi yang sudah merencanakan untuk melakukan operasi dengan biaya besar karena ada limit maksimal transaksi harian, baik menggunakan kartu kredit maupun kartu debit. 

Sebaiknya, bawa uang tunai 50% lebih dari perkiraan yang diberikan, untuk jaga-jaga. Misal perkiraan biaya berobatnya habis 1.000 ringgit, ada baiknya bawa 1.500 ringgit. Ini penting supaya liburan Anda nantinya tidak terganggu.

Lebih baik lagi jika Anda membuat alokasi terpisah budget berobat dan liburan. 

Siapkan 1 Sampai 2 Hari untuk Bolak-Balik Rumah Sakit

Biasanya hanya butuh 1 sampai 2 hari untuk melakukan pengecekan di rumah sakit baik untuk check up maupun konsul dengan dokter. Kalau urusan berobat Anda selesai dalam 1 hari, Anda bisa langsung pergi jalan-jalan di hari berikutnya karena Penang merupakan kota kecil, gampang kemana-mana. 

Lebih baik Anda mendapat 1 hari bonus untuk jalan-jalan dibanding hari untuk jalan-jalan ternyata terpaksa digunakan untuk pegobatan lanjutan. Di Penang sendiri, banyak hal yang dapat dilakukan, seperti berburu mural di daerah kota, pergi ke pantai, naik ke Penang Hill, dll.

Beli Tiket Setelah Semua Appointment dengan Rumah Sakit Beres

Saran saya, dalam mengatur itinerary liburan, prioritaskan hari-hari awal kedatangan untuk check-up atau konsultasi dengan dokter, baru isi hari-hari selanjutnya dengan liburan supaya liburannya tanpa beban. 

Pelayanan di Rumah Sakit Penang

Untuk beli tiketnya pun, harus setelah dapat konfirmasi dari dokter ya. Jangan sampai seperti yang saya bilang di atas, udah buru-buru ngejar tiket promo nggak Taunya dokternya lagi cuti.

Biasanya harga tiket AirAsia yang paling bersahabat. Bahkan tiket Jakarta Penang jika Anda beli 1 bulan sebelum bisa hanya Rp 750.000 saja. 

Segitu dulu ya tips-tipsnya kawan, Semoga dengan tau kondisi tubuh kita seperti apa, kita jadi makin sayang untuk menjaga kesehatan yang sudah tuhan kasih kepada kita.

Buat yang makan Babi, kata teman saya ini yang juara disana.

Buat yang mau mencoba berlibur sambil berobat, semoga perjalanan ke Penang lancar dan menyenangkan!

 

Penganut Pesan Kakek "Jadilah pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu". Suka Jalan-jalan, Makan-makan, Poto-poto dan Buat Video. Cek cerita perjalanan saya di Instagram dan Youtube @lostpacker

Related Posts

2 Responses
  1. Tahun lalu kutelah menikmati kenyamanan MCU di Gleneagles Penang, kak Bolang. Murah dan nyaman, itu yang banyak dicari. Sekarang terbang di dalam negeri mahal, coba aja dibandingkan terbang dari Medan – Jakarta dengan Medan – Penang lebih murah keluar kk. Habis MCU makan – makan lahap wkwkw

    di MHTC tercatat Indonesia sebagai penyumbang terbesar angka kunjungan medical tourism Penang. Bahkan dari tahun lalu Penang sudah menyasar pasien Indonesia sebagai target potensial wisata medis Penang 2020 lho.

    Apa kabar destinasi instagremebel kita kak?

    1. uhukkkk instagram mebel dah buka cabang nih dari Jepara kak, mau pesen mebel jenis apa? ha ha. Iya nih kangen ma suasane Penang ya. Mana kulinernya enak-enak lagi.

Leave a Reply