Tua Itu Pasti, Tapi Menjadi tetap muda itu pilihan, Unleash your 20s

0
Nikmatilah pengalaman-pengalaman baru di tempat baru

“You can’t change your past but you can always change your future” Saya tidak tahu kenapa kata-kata itu begitu membekas di sanubari ketika hal-hal sulit saya jumpai di berbagai situasi.

Hidup adalah perjalanan
Hidup adalah perjalanan

Hidup adalah sebuah perjalanan, perjalanan yang menuntut pencapaian tertinggi dalam prosesnya. Berada di usia 20-an belumlah sampai setengah dari perjalanan hidup. Masih banyak hal yang akan terjadi di kemudian hari. Benar kata “quote” diatas, bahwa Kita tidak bisa merubah masa lalu, Namun Kita selalu bisa merubah rencana masa depan”

Umur 20-an adalah proses yang mungkin tidak pernah di lupakan oleh seseorang, terlebih saya. Pada usia itu banyak sekali hal menarik yang akan hadir dalam kehidupan. Biasanya pada usia 20-an kita akan menentukan jalan hidup, dan pada usia ini pula kita bebas mengeksplorasi diri. Bagi sebagian orang usia 20-an adalah saat-saat krusial, kenapa?, karena biasanya pada usia ini kita akan kebingunan untuk menentukan jalan masa depan seperti apa yang akan ditempuhnya. Saya juga pernah mengalami hal tersebut.

Tantang diri kita untuk keluar dari zona nyaman
Tantang diri kita untuk keluar dari zona nyaman

Usia 20-an juga sebuah langkah awal untuk menuju kesebuah kehidupan mapan dimasa yang akan datang. Tidak jarang dari kita juga merasa tidak siap untuk melewati usia 20-an ini. Tapi yakinlah passion akan membawamu pada sebuah cara menjalani kehidupan, tinggal kitanya mau atau tidak mengikuti passion yang ada dalam diri. Yang perlu di garis bawahi adalah perubahan itu akan selalu menarik, tapi tidak selamanya menyenangkan. Siapkanlah diri kita untuk berdamai dengan setiap perubahan yang ada.

Bagi saya usia 20-an adalah saat yang tepat untuk menantang diri kita untuk berani bermimpi mencoba hal-hal baru, berjalan ke tempat-tempat baru, contohnya. Saya yakin bahwa waktu hidup itu ada batasnya, dan menjadi tua itu pasti. Namun bukankah sebuah penyesalan yang sangat menyakitkan ketika kita sadar bahwa dunia itu luas dan indah, tapi raga kita sudah renta untuk melakukan sebuah perjalanan. Menjajal tempat-tempat baru seperti yang saya lakukan akan memberi kita sebuah perspektif lain soal hidup. Banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita ambil jika kita berani menantang diri kita sendiri keluar sedikit dari zona nyaman untuk bersua dengan tempat-tempat baru.

Dan sekarang adalah It is time to unleash your 20s. Pergunakan usia 20-an mu untuk melakukan hal-hal yang bisa mengeksprikan diri dengan memulai hal-hal baru. Bahagia adalah ketika kamu bisa bersenang-senang dengan caramu. Yang perlu diketahui adalah bersenang-senang juga hak segala bangsa ha ha, jadi isilah usia 20-an mu dengan bahagia. Bukankan masa muda harus di manfaatkan sebaik-baiknya. Pilihan untuk hidup bahagia adalah pilihan yang ada di tangan kita sendiri.

Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi masa usia 20-an ini. Apalagi di era sosial media sekarang ini. Jalinlah pertemanan seluas-luasnya. Karena bagaimanapun manusia adalah mahluk sosial yang butuh hidup dengan berdampingan satu sama lainnya. Apalagi ketika usia 20-an biasanya kita sudah hidup jauh dari orang tua karena mengejar cita-cita bersekolah pilihan yang tidak jarang lokasinya jauh dari tempat orang tua kita tinggal. Terlebih jika kita memutuskan untuk bekerja di usia itu, pasti jalinan pertemanan sangat dibutuhkan sekali. Satu hal lagi yang perlu di catat lagi ketika diharuskan untuk bekerja di usia 20-an ini adalah, Berusahalah untuk menemukan pekerjaan yang bukan hanya menghidupi tapi benar-benar membuatmu hidup, sehingga masa muda kita akan lebih asik.

Berada di usia 20-an juga kita harus bijak dalam menyikapi banyak hal. Kadang yang kita lihat di sosial media maupun di deretan video-video di youtube bisa sangat menggiurkan. Apalagi kalau menonton tayangan-tayangan di TV yang terkadang tidak mendidik, misalkan kisah seorang anak muda yang hidup mandiri, punya pekerjaan yang nyaman, kendaraan pribadi, apartemen mewah hingga punya pasangan yang cantiknya mengalahkan putri salju. Biasanya kita yang kurang pemahaman akan langsung membandinhgkan diri kita dengan mereka, dan tak jarang dari kita jadi merasa kecewa karena merasa belum jadi apa-apa.

Bertemu orang baru
Bertemu orang baru

Punya khayalan tentang hidup itu tidak dosa, tapi sekali lagi pastikan bahwa kita juga harus paham benar bahwa realita tak selalu sama dengan impian atau khayalan. Dan untuk berdamai dengan segala perubahan di usia 20-an kita harus bisa lebih rileks, jangan pernah mempunyai rasa takut yang berlebihan, nanti akan stress lagi he he. Jangan sampai karena ingin memanfaatkan masa muda dengan sebaik-baiknya, kita jadi lupa bagaimana menikmati hidup.

Nah berbahagialah wahai kaum muda, karena Lumia akan celebrate umur 20-an kamu dengan meluncurkan movement #makeithappen. Movement ini mengajak semua yang berumur 20a-an termasuk kamu yang membaca tulisan ini, untuk lebih memaksimalkan pencapaian di usia tersebut dengan cara Unleash your 20s, supaya mimpi-mimpi kita segera terwujud. Bermimpi juga kita gak usah muluk-muluk, cukup nikmati saja usia 20-an kalian dengan mentargetkan pada pencapaian-pencapaian sederhana, seperti pergi menjelajah negeri sendirian, why not?

Unleash yang 20-an ini beragam sekali, tergantung kitanya saja. Mulailah dengan hal-hal simple saja dulu. Misalnya saya dulu pernah menantang diri saya sendiri untuk keluar dari pulau jawa, hingga akhirnya terdampar di Pekanbaru dengan menjalani kehidupan sebagai buruh di pabrik kertas, hingga bergumul dengan diktat-diktat fotokopian di kampus ketika malam menjelang.

Berdiri tegak di atas puncak pulau Padar
Berdiri tegak di atas puncak pulau Padar

Bagi saya itu adalah pencapaian sederhana yang membahagiakan, karena dengan begitu saya banyak mengenal budaya-budaya hampir dari seluruh penjuru Sumatra lewat rekan-rekan kuliah dan kerja yang saya jumpai. Tak jarang saya selalu merengek kepada kawan yang hendak pulang kampung, kenapa?, karena cara itulah yang termurah saat itu untuk berpergian. Saya bisa ikut merasa menjadi bagian dari keluarga baru di tempat baru yang saya kunjungi. Bagi saya itu adalah sebuah pencapaian di usia 20-an.

 

Komennya disini ya..