Belajar dan Jalan-Jalan Bersama di #TribeSkyScanner Singapore

4
Yeahh we are part of #TribeSkyScanner
Yeahh we are part of #TribeSkyScanner

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang perjalanan, kali ini Skyscanner kembali mengambil langkah-langkah strategis. Mengumpulkan lima puluh konten creator dari delapan Negara. Walaupun untuk mengumpulan para konten kreator ini aslinya tidak gampang. Karena kelimapuluh orang ini tentunya punya catatan penting di masing-masing negaranya. Tapi ya Tuhan tidak pernah tidur ketika kita punya hajat besar dan memohon bantuannya. Bertajuk #TribeSkyscanner, kami berlima puluh belajar bersama di markas besarnya Skyscanner Singapura.

Indonesia Team with batik
Indonesia Team with batik

Saya kebetulan terpilih dari menjadi salah satu peserta perhelatan akbarnya Skyscanner itu. Bersama Marischka Prudence, Barry Kusuma, Farchan, Kania dan Toni, Kami membawa Batik di tengah-tengah serunya acara Workshop Content Hacker itu. Dan lebih bangga lagi ketika ada pepatah Jawa “mangan ora mangan seng penting ngumpul” di salah satu wall-nya Skyscanner Singapura itu.

Do you know him?
Do you know him?
suasana workshop #TribeSkyscanner
suasana workshop #TribeSkyscanner

Selama dua hari workshop, banyak sekali ilmu yang di bagi oleh pihak panitia kepada pada konten kreator ini. Salah satu yang menjadi Favourite peserta adalah perihal SEO. Search Engine Optimasi ini kadang memang sering kita lupakan. Tapi kalau tulisan kita terlalu SEO juga pasti gak bakal enak dibaca. Nah dalam workshop ini kita sama-sama belajar, bagaimana SEO ini bisa membantu tulisan, foto maupun video yang kita posting di Blog, menempati halaman pertama dari search engine-nya Google.

Hal lain yang juga yang sempat membuat kehebohan adalah pas sesi terakhir, yakni kerja kelompok. Nah menariknya setiap workshop yang diadakan oleh skyscanner selalu ada ritual ini. Peserta dari beberapa Negara di mix and match-in menjadi beberapa kelompok. Semua peserta di undi, biar keadilan bagi seluruh peserta workshop terjadi, he he. Nah kebetulan saya ada di kelompok empat, bersama Marischka prudence, (rekan senegara saya), Wilson dari Malaysia, dan satu lagi dari Thailand. Kami berempat di suruh membuat sebuah perencanaan perjalanan yang menarik. Mulai dari nyusun budget, rencana perjalanan hinggal goalnya itu seperti apa. Reaksi dari masing-masing peserta kelompok cukup beragam. Dan disinilah para konten kreator ini di godok untuk belajar bekerja sama untuk menghasilkan konten yang luar biasa.

P9570294Nah selain wokshopnya yang menarik, saya suka sekali sama pantry kecilnya skyscanner ini. Ada beberapa mesin pembuat kopi yang menarik. Gerard sang tuan rumah beberapa kali membuatkan saya espresso special yang langsung membuat mata melek. Nah kalau tidak mau yang keras tinggal buat capucino dengan mesin instan yang tinggal pencet saja. Selain itu, makanan yang disajikan juga menggugah selera sekali.

Say Hi to kak Prue
Say Hi to kak Prue
Mau kemana kak Prue?
Mau kemana kak Prue?
Trotoar di Singapore asik
Trotoar di Singapore asik
Kampong Glam di Malam hari meriah
Kampong Glam di Malam hari meriah
Kakak Marischka Prudence lagi explore Arab Street
Kakak Marischka Prudence lagi explore Arab Street

Nah Tak lengkap kalau ke singapura tanpa jalan-jalan keliling kotanya. Meski sudah beberapa kali, tapi trotoar di negeri Singapura ini memang sangat menarik untuk di jalani. Jalan-jalan di Negara ini memang sangat dimanjakan. Trotoar yang lebar, banyak pepohonan, dan kendaraan yang tertib, serta ketersediaan kendaraan angkutan masal yang sangat bagus. Jadi kalau lelah jalan dan mau balik lagi ke hotel, tinggal lihat di map, stasiun MRT atau halte bus mana yang terdekat.

Penghargaan di Ibis bencoolen SIngapore
Penghargaan di Ibis bencoolen SIngapore

Nah kalau mau lihat peta dan trayek MRT biasanya hotel tempat kita menginap sudah menyediakannya di lobby biasanya. Lengkap dengan petunjuk dan tempat-tempat menarik lainnya. Nah tapi kan kebanyakan dari kita sekarang sudah beralih ke “traveller digital”, jadi semuanya tergantung gadget. Bagi pejalan seperti saya memilih operator lokal disana untuk paket data tentu harus sedikit selektif. Bahkan terkadang memang sangat mahal sekali. Nah yang menarik dari perjalanan ke Singapura bareng Skyscanner ini, saya dan teman-teman yang lain di inapkan pada sebuah Hotel yang letaknya sangat strategis sekali. Depan hotel langsung halte bus, mau jalan sedikit sudah ada jalan Bugis, bahkan dari lantai 16 kita bisa melihat pemandangan kota Singapura yang menarik.

Handy Wifi dari Ibis Bencoolen Singapore
Handy Wifi dari Ibis Bencoolen Singapore
Greetings from Ibis Bencoolen Singapore
Greetings from Ibis Bencoolen Singapore
Sepeda Bambu di Ibis Bencoolen Singapore
Sepeda Bambu di Ibis Bencoolen Singapore
Ibis bencoolen Singapore
Ibis bencoolen Singapore

Selain letaknya yang menarik, saya kagum dengan terobosan yang di ambil oleh hotel Ibis Bencoolen ini. Mereka menyediakan sebuah handy wifi yang bisa di bawa kemana-mana. Jadi gak perlu lagi ribet-ribet beli kartu lokal kalau cuma untuk kebutuhan data di Singapura saja. Nah ternyata tidak hanya provide paket data saja, tapi bisa di pakai nelpon ke 30 Negara. Wowww keren.

Le bar Ibis Bencoolen Singapore
Le bar Ibis Bencoolen Singapore

Satu lagi yang membuat saya betah berada di Ibis Bencoolen ini adalah, LE BAR-nya yang enak buat nyantai, ngobrol dengan peserta lain. Eh satu lagi, pihak hotel juga menyediakan beberapa sepeda bambu yang bisa di bawa jalan-jalan. So mau ramah lingkungan, gunakan sepeda ini.

Greetings from Ibis Bencoolen Singapore
Greetings from Ibis Bencoolen Singapore

Tidak hanya workshop yang menarik dan hotel yang nyaman, Skyscanner sepertinya paham betul kebutuhan para pejalan ini. Jalan-jalan kelilin kota. Tapi lima puluh orang kalau sekali jalan satu grup pasti bikin jalanan macet kali ya, jadi dipisah-pisah menjadi beberapa grup. Kebetulah grup Indonesia bergabung dengan Philippines dan Vietnam. Bersama, kami mengexplore Singapura. Mulai dari kuliner di tempat makan ala Turka di kawasan kampong Glam, menjelejah kawawan marina Garden by the bay hingga menikmati senja dengan latar belakang kawasan Marina Bay dan kota Singapura yang megah.

Grup kece dari Indonesia
Grup kece dari Indonesia
Bersama Team Philippines
Bersama Team Philippines
Di Marina Bay Sands bareng team Philipphines
Di Marina Bay Sands bareng team Philipphines

Sungguh perjalanan yang menyenangkan. Dapat banyak ilmu untuk menunjang pekerjaan saya sebagai konten kreator kedepannya, dapat banyak teman baru, dan yang pasti dapat banyak koneksi dan komunitas baru untuk saling membantu memajukan potensi pariwisata di Negara masing-masing. Ilmu yang sangat berharga sekali untuk dunia dimasa yang akan datang.

Batik di #TribeSkyscanner Singapore
Batik di #TribeSkyscanner Singapore

Terimakasih saya haturkan buat yang sudah mengajak saya dan teman-teman untuk belajar bareng disana. Mbak Tika, Gerarad, Harold, Kania dan Toni yang sudah repot-repot mengurusi perjalanan ini. Dan untuk semua teman-teman peserta workshop dan panitia dari Skyscanner Singapura, You’re Rock!!!

Mau lihat keseruan kami di Singapore kemaren, Tonton nih video perjalanannya.

 

4 COMMENTS

Komennya disini ya..