Telusur Pulau Bangka

5

Pulau Bangka adalah salah satu pulau yang ada di propinsi Bangka Belitung. Pulau ini sedang berbenah untuk menarik minat para wisatawan untuk berkunjung. Banyak sekali spot menarik yang ada di pulau bangka ini.

Jalanan ibukota negara ternyata tidak pernah lengang, bahkan pada waktu dini hari menjelang pagi. Semua larut dalam hiruk pikuk yang terkadang snagat menjengkelkan. Seperti yang saya alami pada sebuah pagi. Karena proyek pengerjaan stasiun kereta api di Bandara Soekarno Hatta, maka perjalanan dari pintu M1 di alihkan. Akibatnya saya yang berdomisili di Tangerang, mau tidak mau, suka tidak suka harus mengambil jalan memutar untuk sampai di Terminal 1C.

Ngopi-ngopi dulu sebelum terbang
Ngopi-ngopi dulu sebelum terbang

Pagi ini saya akan bertolak ke sebuah pulau yang terapung tidak jauh dari daratan Sumatra. Pulau Bangka namanya. Banyak yang mengira pulau Bangka dan Belitung itu menyatu. Jadi teman-teman di media social banyak yang mennyarankan untuk mampir ke spot-spot keren pulau Belitung.

Mungkin Belitung lebih dikenal masyarakat negeri ini ketimbang Bangka. Hal ini mungkin disebabkan gembar-gembor promosi yang tak terbendung, terlebih setelah novel Laskar Pelangi di filmkan.

Welcome Bangka, Mari kita telusuRI kota Pulau penghasil Timah ini
Welcome Bangka, Mari kita telusuRI kota Pulau penghasil Timah ini

Namun malah justru Bangka yang manarik minat saya melihat lebih dekat. Selama ini yang kita tahu Bangka adalah pulau yang di huni oleh mayoritas etnis Tionghoa. Tapi ternyata setelah sampai di Bangka dan melihat dengan mata kepala sata sendiri, semuanya membaur dalam keberagaman dibawah bingkai NKRI.

Ikan Lempah Kuning ini Yummy banget
Ikan Lempah Kuning ini Yummy banget
Ada yang pernah makan ini? Rusip namanya, fermentasi ikan2 mungil hasil laut
Ada yang pernah makan ini? Rusip namanya, fermentasi ikan2 mungil hasil laut

Kalau Belitung punya masakan khas seperti Ganggan, Bangka juga tak kalah. Menu ikan lempah kuning menjadi andalan kuliner dari pulau penghasil timah terbesar di negeri ini. Dan Menu kepala ikan lempah kuning sudah menemani makan siang saya di kantin NAD yang ada di kota Pangkal Pinang. Rasa ikannya sendiri segar sekali, Kuah kuningnya berasa gurih, sedap dan sedikit masam. Menu ini lebih nikmat di sajikan dengan sambel trasi Bangka dan tumis bunga papaya dicampur dengan jantung pisang. Lekkerrr

Sepertinya martabak Acau ini ngehitz banget di Pangkal Pinang
Sepertinya martabak Acau ini ngehitz banget di Pangkal Pinang
Makan Martabak Bangka yang asiknya di Bangka sob
Makan Martabak Bangka yang asiknya di Bangka sob

Tidak hanya ikan lempah kuningnya saja yang menjadi andalan bagi indera pengecap masyarkaat Bangka. Martabak Bangka berlabel Acau Martabak 89 juga bisa di coba. Penasaran dengan lezatnya martabak ini saya harus rela mengantri, karena memang pembeli banyak sekali. Dan ini adalah tiap hari.

Kalau mau berjalan-jalan sejenak keliling kota, ternyata Bangka memiliki beberapa warung kopi yang enak buat bercengkrama bersama para pejalan lain atau para sahabat.

Setidaknya saya di hari pertama dalam perjalanan di Bangka sudah menilik di dua warung kopi. Warung kopi GOCHI yang terletak di samping alun-alun Bangka. Dan satu lagi di kopitaman yang masih berada di kota Pangkal Pinang ini juga. Jadi kalau ke Bangka, jangan lupa untuk mencicip warung kopinya yang OK punya. Satu hal yang membuat saya makin yakin bahwa Indonesia itu Wonderful banget, seperti tagline kecehnya Wonderful Indonesia. So ikuti terus perjalanan Telusur Bangka Belitung Saya bersama #IndonesiaOnly di blog kesayangan ini.

5 COMMENTS

Komennya disini ya..