Situ Gunung Yang Tetap Indah

10
Situ Gunung Sukabumi

Menikmati panorama alam dari atas ketinggian itu memang luar biasa. Apalagi dengan latar belakang gunung Gede dan Pangrango yang terlihat begitu menawan. Terletak tak jauh dari kota Sukabumi, kawasan wisata Situ Gunung memang sedang memancarkan pesonanya. Sebut saja beberapa wahana baru yang ada di kawasan wisata yang juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango ini.

Matahari masih belum terlihat di ufuk timur. Saya dan Wira sudah menyusuri jalanan di dalam kawasan objek wisata Situ Gunung. Memang ini bukan pertama kalinya saya datang. Setidaknya dulu tempat inilah yang menjadi pelampiasan ketika penat mendera.Dengan modal beberapa liter bensin untuk sepeda motor, saya sering touring sendidiran ketempat ini dari Tangerang, tempat saya tinggal. Namun sekarang ternyata berbeda kawan. Sudah banyak sekali perubahan yang dilakukan untuk memanjakan pengunjung yang ingin berwisata kesini.

Menikmati sunyinya Situ Gunung Sukabumi

Jalanan menuju situ yang saya lewati pagi itu juga sudah tertata dengan apik. Beberapa pepohonan besar juga masih berdiri kokoh menambah rindang dan sejuknya suasana jalan ketika pagi tiba. Saya dan Wira bergegas mempercepat gerak langkah untuk segera sampai ke lokasi situ. Tak jauh kok, cuma sekitar 1 kilometer perjalanan saja. Sesaat setelah gerbang utama jalanan akan sedikit menanjak, namun setelah itu landai dan bahkan menurun ketika sudah mendekati situnya.

Situ Gunung masih saja seperti dulu. Damai, tenang, sejuk dan menenangkan. Pemandangan pucuk-pucuk pinus serta bayangan hutan yang terpantul dengan sempurna pada air danau, membuat saya selalu bahagia menikmatinya. Memang tempat-tempat seperti inilah yang cocok untuk sejenak menghilangkan penat yang mendera akibat rutinitas yang menjemukan.

Biasanya banyak kabut yang menambah ksyahduan

Cuma sayangnya, saya datang ketika musim hujan. Jadi kabut berarak kalau pagi seperti yang dulu saya sering lihat, pagi itu tak muncul. Namun tak mengurangi kesyahduan dari suasana pagi yang memukau di pinggiran danau tersebut.

Beberapa moment juga terakam dalam lensa kamera saya. Tak banyak memang foto yang saya bawa pulang. berbeda dulu ketika baru pertama kali datang ke tempat ini. mungkin hampir satu memori saya penuhi dengan banyak hal keindahan yang saya lihat dari tempat ini. Namun sekarang saya lebih suka menikmatinya dan merekamnya sedikit saja untuk dokumentasi perjalanan saja.

Villa Cemara Situ Gunung

Saran saya, kalau mau menikmati pagi di situ gunung mendingan menginap di dekat lokasi ini. Yang punya kocek lebih silahkan menginap dengan cara Glamping (glamour camping) yang ada di campsitenya Tanakita atau Rakata. Per orang akan dikenakan charge sekitar 500 ribu rupiah untuk menikmati cara kemping yang berbeda itu. Namun kalau budget terbatas dan datang bersama teman-teman, bisa kok menginap di beberapa villa atau penginapan yang ada di dekat gerbang masuk utama Situ Gunung. Saya kemarin menginap di Villa Cemara. Letaknya paling depan, dekat dengan pintu masuk. Satu kamar 400 ribu rupiah. Bisa buat berdua, bahkan bisa bertiga dengan tambahan extra bed. Namun mungkin ada biaya tambahan kalau kita hendak memakai extra bed. Villanya bersih, dan ibu pemilik villanya pintar sekali memasak. Ambience villanya juga segar, banyak sekali tanaman. Nanti akan saya bahas sendiri tentang villanya di postingan youtube channel saya. subscribe yaaa..

Kayak di Swiss kan kan kan

Oh ya, untuk rutenya juga sangat gampang sekali. Dari Jakarta bisa naik kereta ke Bogor. Dari Bogor ada kereta ke Sukabumi. Jadwal kereta ada 3x sehari. pagi siang dan sore. Harganya juga gak mahal kok, untuk kelas ekonomi cuma 35 ribu, dan eksekutif 80 ribu. Dalam rangkaian gerbong cuma ada satu gerbong yang di peruntukan kelas executive. Saya kemarin memesannya dari aplikasi online semacam traveloka dan tiket.com. Jadi semuanya serba mudah sekarang.

Kalau sudah masuk Sukabumi, turun di stasiun Cisaat saja. Akan lebih dekat untuk mencapai Situ Gunung. Dari stasiun Cisaat, kita bisa naik Ojek ke polsek Cisaat dulu terus melanjutkan dengan angkot ke Situ gunung (angkot warna merah), atau kalau mau gampang tinggal pesat ojek online atau taksi online. Saya kemarin menggunakan taksi online, cuma sekitar 39 ribu rupiah sudah duduk manis sampai di depan gerbang Villa Cemara yang saya pesan lewat telpon hari sebelumnya. Cerita tentang Jembbatan Goyang, wahana baru di Situ Gunung saya ceritakan di postingan Selanjutnya ya… enjoy.

10 KOMENTAR

Komennya disini ya..