[Review] Sigma 17-70mm F2.8-4 DC Macro (OS)* HSM C

1
Sigma 17-70mm F2.8-4 by www.ephotozine.com

Sejak tahun 2012, Sigma produsen lensa asal Jepang ini mulai gila-gilaan menghadirkan lensa-lensa barunya di jajaran dunia Fotografi. Salah satunya adalah Sigma 17-70mm F2.8-4 DC Macro (OS)* HSM C.  Lensa-lensa ini di bekali dengan teknologi tinggu guna memanjakan para konsumen setianya. Gebrakan-gebrakan itu tentunya semakin memantapkan posisi Sigma di kancah dunia per fotografian dunia.

di posisi 70mm
di posisi 70mm

Sigma 17-70mm F2.8-4 DC Macro (OS)* HSM C adalah salah satu diantara produk-produk barunya sigma. Kehadiran lensa ini semakin melengkapi keluarga lensa-lensa kategori Travel di perusahaan tersebut.

Note: *OS tidak berfungsi di Sony dan Pentak

Fitur :

Di dalam lensa ini tersusun 15 elemen dengan 2 elemen aspherical dan satu SLD ( Special Low Dispersion). Lensa keren ini memiliki titik focus terdekat 0.2m dengan fitur macro di sematkan di dalamnya. Sebuah Hood berbentuk kelopak bunga sudah ada di paket pembelian lensa ini.

Lensa ini memang di peruntukkan bagi kamera APS-C, maka equivalent focal lengt nya menjadi setara dengan 27-112mm. Lensa ini juga di rancang bukan untuk kelas EX(kelas pro lensa-lensa sigma) sehingga dalam menetapkan harga sigma juga sangat bersahabat dengan para pemula dalam dunia fotografi.

di posisi 17mm
di posisi 17mm

Diafragma 2.8 di posisi 17mm relative sangat membantu ketika kita sedang bepergian dan harus mengabadikan moment atau memotret di kondisi kurang cahaya. Bukaan sebesar itu membuat kita semakin kreatif untuk memotret dengan depth of field yang sempit.

Kehadiran OS (optical stabilizer) juga dirasa sangat membantu ketika kita di hadapkan pada pemotretan dengan kondisi bergerak. Misalkan sedang memotret dari atas mobil atau kendaraan yang berjalan saat melakukan perjalanan.

Body:

Lensa Sigma 17-70mm F2.8-4 DC Macro (OS)* HSM C ini bodynya lumayan kokoh. Beda dengan lensa-lensa Sigma jaman dulu yang melapisi body dengan bahan beludru hingga mudah pudar dan mengelupas. Body nya di rancang sangat kokoh dengan warna hitam yang elegan. Benar-benar inovasi yang sempurna di jajaran lensa sigma. Ketangguhan body ini sangat berguna ketika kita bawa untuk bepergian. Memotret dalam kondisi yang berbeda dan kita tidak pernah prediksi sebelumnya, karena alam memang susah di prediksi tentu butuh sebuah lensa yang durability nya bagus.

Penempatan focus ring di bagian depan lensa adalah langkah bagus dari Sigma. Karet yang dipakai juga terlihat berkualitas tinggi. Dalam kondisi manual focus saya mudah sekali menentukan focus dari pemotretan yang saya lakukan. Auto focus dari lensa ini juga lumayan cepat, mungkin karena jarak focus yang sangat dekat ( sekitar 45 Derajat). Chromatic Aberation (Color shadows pada transisi kontras yang tinggi) pada lensa ini cukup baik. Setidaknya lebih baik dari pada lensa-lensa zoom dikelas yang sama.

MARI KITA BAWA JALAN LENSA NYA…

Detailnya asik banget
Detailnya asik banget

Pada diafragma 2.8 lensa ini sempurna sekali. Fokus berjalan baik. Yang saya suka dari lensa ini adalah pada kondisi lebar (17mm) diafragma lensa ini bisa sampai 2.8, Itu adalah kehandandalan lensa ini di banding beberpa varian dari produk-produk competitor lainnya. Dengan bukaan diafragma selebar itu kita jadi leluasa melakukan pemotretan handheald pada kondisi yang minim cahaya. Seperti yang saya lakukan di ranca upas waktu itu. Pada saat matahari baru mulai muncul, saya suka sekali dengan saat-saaat seperti itu untuk melakukan pemotretan. Banyak sekali hal manarik yang bisa saya capture. Sebagai contoh embun-embun ini. Dengan memposisikan lensa di 17mm dan Diafragma di 2.8 saya bisa berkreasi dengan embun-embun dan cahaya matahari pagi. DOF yang di hasilkan juga menarik. Pada posisi 70mm juga ketajaman masih terjaga dengan baik.

Dari segi harga juga sangat rekomended sekali bila kita bicara tentang perbandingannya dengan kualitas yang di dapat. Sigma telah memposisikan Sigma 17-70mm F2.8-4 DC Macro (OS)* HSM C ini di kelas terbaik di pasaran. Bahkan di kondisi-kondis tertentu lensa ini bisa mengungguli lensa-lensa mahal yang ada di pasaran.

di posisi 17mm sudah luas
di posisi 17mm sudah luas
karena coatingnya sudah bagus gak pakai filter aja dah cakep
karena coatingnya sudah bagus gak pakai filter aja dah cakep
Biru
Biru

Overall lensa ini sangat asik diajak jalan-jalan. Bentuknya yang lumayan kompak dan tidak memakan banyak tempat di tas kamera yang biasa kita pakai ketika sedang bepergian. Materialnya yang kokoh dan AF yang cepat tentu akan banyak menjadi incaran para penghobi fotografi di negeri ini. Sekali lagi sigma membuktikan kinerja terbaiknya dengan menghadirkan lensa-lensa bagus secara kualitas namun terjangkau dari segi harganya.

1 COMMENT

Komennya disini ya..