Berbagi bareng Sahabat Veteran. Lihat Indonesia Part #6

2
Berpetualang dan Bergabi itu baru namanya petualang sejati

Perjalanan team Lihat Indonesia di seputaran Jogja masih berlanjut. Dari sekedar keliling kota hingga menikmati sensasi offroad di jalur Lava merapi menghiasi kisa petualangan saya dan team dalam perjalanan road trip Jawa-Bali-Lombok kali ini.

Yang membuat saya bahagian dari perjalanan ini adalah bukan hanya sekedar jalan-jalan. Ada nilai-nilai sosial kemasyarakatan yang kita gali dari berbagai sudut pandang profesi. Dan yang lebih membuat saya bangga berada di team ini adalah adanya aksi sosial nyata yang kita bawa sambil berkeliling menikmati keindahan negeri  ini walaupun cakupannya masih sebatas Jawa-Bali-Lombok.

Pak Dicky dan Bu Ati dari Sahabat Veteran
Pak Dicky dan Bu Ati dari Sahabat Veteran

Sering di sebut SAVE, komunitas ini adalah salah satu yang peduli dengan nasib para pejuang di Nusantara yang sekarang sudah purna tugas. SAVE sendiri adalah singkatan dari Sahabat Veteran. Nah dalam Road Trip kali ini SAVE menitipkan tali kasih yang harus kami sampaikan ke para Veteran yang ada di sepanjang jalur yang kami lewati.

Menggali cerita perjuangan dari para Veteran dan mendengarkan keluh kesah mereka langsung sering membuat hati saya menangis, bahkan di beberapa tempat saya harus sembunyi-sembunyi  menyeka airmata supaya tidak terlihat cengeng di depan mereka. Sebuah heroiknya kisah perjuangan masa lalu saya bisa dengarkan langsung dari para pelaku perjuangan. Mendengarkan nya tentu membuat saya merasa kecil dan bahkan belum seberapa dibandingkan dengan kisah perjuangan mereka dalam membela kemerdekaan Republik Indonesia.

Pak Sarbini dan si Aki di belakang nya.
Pak Sarbini dan si Aki di belakang nya.

Seperti sebuah kisah dari pak Sarbini Di wilayah gunung kidul ini. Karena kantor LVRI nya tutup alhasil saya dan team di temani beberapa teman dari komunitas Taft Diesel Indonesia chapter Jogja mencari rumah pak Sarbini di daerah Rongkop. Beberapa kali kami salah jalur untuk sampai di lokasi ini, akhirnya menjelang magrib sampailah kami di rumah pak ketua LVRI gunung kidul, dan kebetulan di rumah beliau ini di fungsikan juga sebagai kantor LVRI ranting Rongkop.

Pak Sarbini banyak sekali berkisah tentang heroiknya perjuangan hingga kami lupa waktu. Satu pesan yang selalu di utarakan para Veteran yang saya jumpai di sepanjang perjalanan ini adalah hilangnya semangat perjuangan di kalangan generasi muda jaman sekarang.

Mereka selalu merasa prihatin dengan kondisi carut marut negeri ini, dan saya hanya bisa menghela nafas penjang mendengarkan itu semua, sambil selalu berdoa semoga jargon sederhana pada masa lalu bisa segera di capai, Gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo, yang memiliki makna sederhana yakni kekayaan alam yang melimpah dan keadaan yang tentram damai. Semoga

2 COMMENTS

Komennya disini ya..