KANAWA, Pulau Cihuy bagi yang galau laut [part2]

12
Deretan Bale di Kanawa

Pulau Kanawa yang tidak jauh dari daratan Flores ini tidak hanya menawarkan keindahan pulaunya saja. Coba longokkan kepala sejenak melihat potensi bawah lautnya, Sempurna kawan.

Ekosistem laut yang ada di kanawa memang sengaja di jaga, sehingga duduk saja di dermaga kita bisa melihat beberapa anak hiu sedang asik berenang di perairan dangkal. Dengan mata telanjang kita sudah bisa tingkah polah hiu kecil itu hilir mudik di samping dermaga. Ikan-ikan beragam jenis juga bisa kita saksikan hanya dengan duduk di dermaga. Jernihnya air laut di sekitar pulau ini membuat ikan-ikan itu seolah berenang dalam sebuah akuarium raksasa.

Beningnya aduhai
Beningnya aduhai

Cara lain untuk dapat menikmati indahnya pesona bawah air pulau kanawa adalah dengan bersnorkling. Jangan khawatir jika kita tidak membawa peralatan snorkeling, di pulau ada sebuah dive center yang menyewakan peralatan untuk snorkeling. Harganya juga tidak terlalu mahal kok, sekitar 50ribu perhari nya. Spot snorkeling di pulau ini tersebar, tinggal mau pilih yang mana, tapi biasanya yang paling asoy viewnya adalah di bagian timur pulau. Jika sedang beruntung kita bisa bertemu hiu dan penyu di spot ini. Ikan-ikan beragam jenis juga seolah tidak terganggu dengan kehadiran kita. Mereka berenang kian kemari berkelompok.

Jika sudah memiliki ijin menyelam, pulau ini juga menyediakan sebuah divecenter yang akan mengurus segala sesuatu ang kita butuhkan untuk menyelam. Kanawa island diving, Dive center ini menyediakan segala peralatan yang akan digunakan untuk menyelam. Tinggal datang, ambil paket menyelam yang ditawarkan dan nikmatilah surga bawah air yang tersaji di sekitar pulau kanawa. Nah bagi yang ingin mendapatkan ijin menyelam, dive center ini juga menyediakan training dan ujian kok, jadi persiapkan segala nya untuk mengexplore keindahan bawah airnya.

Pulau yang menawan
Pulau yang menawan

Selain pesona bawah airnya, kanawa juga menawarkan pesona pantai pasir putihnya. Pantai ini membentang di bagian selatan pulau. Nikmatilah pemandangan laut indah hanya dengan duduk di bawah rindangnya pepohonan yang ada di pinggir pantai. Laut biru yang tenang di bawah birunya langit membuta mata kita seolah enggan untuk sekedar berkedip saja melewatkan keindahan yang tersaji di depan mata itu.

Selain pantai dan pesona bawah lautnya, pulau ini juga masih punya kejutan lain buat para pengunjungnya. Tempat duduk yang terbuat dari beanbag di jejer di depan beach bar menghadap kebarat. Music-music pengiring sudah di perdengarkan dari sebuah mini soundsystem yang ada di dalam bar. Sementara di ujung cakrawala sana matahari sudah beranjak turun keperaduannya. Sunset adalah salah satu keindahan yang ditawarkan oleh pulau ini. Banyak spot untuk menikmati matahari tenggelam ini. Spot yang biasanya ramai disaat matahari tenggelam adalah di beachbar.Segelas minuman hasil racikan bartender, ditemani alunan nada-nada indah yang keluar dari soundsystem bar, dipadu dengan riak-riak kecil ombak yang menghampiri pantai terasa begitu indah di nikmati pada saat tenggelamnya matahari seperti ini.

This slideshow requires JavaScript.

Selain itu cobalah menaiki bukit yang ada di belakang bungalow. Diatas sana sudah disiapkan sebuah tempat duduk dari bamboo yang bisa kita gunakan untuk menikmati sunset. Dari atas ketinggian itu kita akan menikmati tenggelamnya matahari jauh lebih syahdu. Semilir angin yang menerpa wajah seolah オンライン カジノ mengantarkan sebuah dongeng keindahan yang dibawa oleh tenggelamnya matahari di ufuk barat sana. Berbeda dengan di depan bar tadi, di puncak bukit ini yang ada hanya keheningan dan keindahan. Keduanya berpadu dalam sebuah fragmen keindahan.

IMG_8938a sunset dari atas bukit
Senja di atas bukit
IMG_0486a santai sejenak
Santai sejenak gaes

Malam mulai menjelang, Listrik di pulau kanawa memang terbatas, jadi hanya pada pukul 18:00 listrk mulai hidup dan akan mati ada pukul 23:00. Dan keindahan lain muncul setelah listrik padam. Satu-satunya keramaian yang ada di pulau Kanawa selain di Bar dalah di restoran. Semua pengunjung pulau bercengkrama dalam makan malam bersama. Order terakhir hanya dilayani sampai jam 21:00 malam, nah jika kita datang setelah jam itu ya siap-siap aja lapar he he.

Oh ya menu di restoran ini memang di dominasi oleh makanan Italia. Memang pengelola pulau ini berasal dari negara tersebut. Jenis-jenis pizza memang santapan makan malam yang terlihat lezat, tapi jangan khawatir menu-menu lokal juga banyak kok. Menu favourit saya adalah Ayam plecing. Chef yang ada di restoran ini adalah salah satu sahabat baru saya yang sudah malang melintang di dunia perchef an. Dengan bekal resep segudang mas Bayu melayani permintaan menu-menu dari para pelanggan. Dan pecing ayam nya bisa saya bilang dahsyat sekali.

Seandainya ada kamu menemaniku duduk di bawah pohon itu
Seandainya ada kamu menemaniku duduk di bawah pohon itu

SAMSUNG CSC

Abis senja terbitlah Milkyway
Abis senja terbitlah Milkyway

Lihatlah langit diaatas pulau, sebuah milkyway bertengger dengan indahnya di hiasi oleh ribuan bintang di dekatnya. Saya hanya tiduran di dermaga sambil menengadah keatas menikmati keindahan yang tersaji di pulau itu. Hening dan damai kembali saya rasakan. Penat yang terkumpul dari perjalanan beberapa hari seolah sedikit demi sedikit hilang, tergantikan dengan kegembiraan bisa menikmati keindahan alam yang tersaji di pulau ini.

Pulau kecil ini memang cocok untuk sejenak melarikan diri dari himpitan rutinitas hidup yang monoton. Tinggal sejenak di sebuah pulau kecil yang menawan, berhias pesona alam yang tenang, membuat kita seolah berada di sebuah pulau pribadi yang cantik. Keindahan dan keramahan yang ditawarkan pulau Kanawa seolah membuat saya atau bahkan siapapun yang pernah berkunjung kemari, ingin segera kembali dan kembali lagi untuk sekedar menyapa kedamaian pulaunya.

Tips:

Rute yang ditempuh adalah Jakarta-Bali-Labuan bajo. Dari Labuan bajo sudah ada kapal PP dari pengelola pulau.

Untuk reservasi silahkan buka website mereka di http://kanawaislandresort.com cek ketersediaan kamar dan pilihlah harga yang sesuai dengan kantong

Langit kanawa malam hari indah, Kalau cuaca bagus milkyway sering terlihat disana, gunakanlah lensa bukaan lebar untuk mencapturnya.

Listrik di pulau ini di hasilkan dari sebuah genset, hidup hanya dari pukul 6 sore hingga pukul 11. Persiapkan charger untuk mengisi batere-batere kamera anda. Untuk Tenda memang tidak terdapat stop kontak listrik, silahkan nitip ngecharger di restoran

Pengunaan air tawar juga terbatas, jadi jangan harap bisa berendam di bak atau mandai dibawah shower lama, karena kasihan tamu yang lain jika mairnya kita habiskan jika kita menggunakan kamar mandi sharing.

Siapkan kamera bawah air ya, saya menyesal kemarin tidak membawa kamera bawah air, sementara keindahan yang terjadi begitu sempurna.

12 COMMENTS

Komennya disini ya..