Pulau Banyak – Aceh Singkil, Sensasi petualangan di Selatan Aceh

14

Pulau Banyak adalah sebuah kepulauan dengan pantai-pantai indah yang letaknya ada di Selatan Aceh. Aceh Singkil tepatnya. Gugusan pulau-pulau cantik yang sepi dengan jajaran nyiur yang mempesona, serta hamparan pasir putih di sepanjang Pantai.

Pulau Banyak di Aceh Singkil ini adalah tempat yang cocok buat pejalan pecinta pantai sepi. Hampir di semua pulau-pulau kecilnya memeiliki pantai-pantai indah yang sepi. Bersantai di bawah rindangnya pepohonan kelapa, sambil mendengarkan musik dan membaca buku, tentu adalah sebuah cara untuk mengasingkan diri yang menarik.

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan tawaran bersama rekan-rekan Blogger untuk berkunjung, dan membuktikan keindahan dari Pulau Banyak ini dengan mata dan kepala sendiri. Dan memang bentul kawan, Pulau banyak ini benar-benar indah.

Island Hopping adalah cara yang tepat untuk menikmati Pulau Banyak ini. Meloncat dari satu pulau ke pulau lainnya, saya serasa di suguhi sebuah sajian menarik dari sang maestro. Sebuah hamparan keindahan yang selama ini hanya di percayai oleh beberapa teman, hanya ada di Timur Indonesia.

Pulau Banyak dulunya memiliki sekitar 99 pulau besar dan kecil. namun gempa Nias yang terjadi beberapa tahun lalu telah menenggelamkan beberapa diantaranya, sehingga hanya tersisa sekitar 86 pulau saja. Namun ternyata yang tersisa ini juga keindahannya sungguh luar biasa.

Aceh banyak menyimpan surga tersembnyi. Jika anda berjiwa petualang, silahkan rasakan sensasi berpetualang dari satu pulau ke pulau lain di Pulau Banyak ini.

Mengelilingi Pulau Banyak sama dengan menikmati keindahan kepingan surga yang jatuh di kepulauan yang indah lagi eksotis. Pulau-pulau kecilnya yang cantik, nyiur hijau melambai-lambai di sepanjang pantai, hingga keindahan sunrise dan sunsetnya yang luar biasa.

Pesona Pulau Banyak haruslah tetap terjaga. Sudah selayaknya kita juga ikut andil dalam memperkenalkan keindahan negeri ini ke mata dunia. Daerah pulau banyak ini seharusnya menjadi destinasi wisata menarik bagi para pejalan yang mendambakan pantai-pantai bersih yang sepi.

Potensi pariwisata di Pulau Banyak ini juga seharusnya bisa membantu masyarakatnya menikmati hasil dari pundi-pundi pariwisata, bukan hanya sebagai penonton saja seperti banyak yang terjadi di daerah lain.

Aeriel Shoot by Himawan https://www.instagram.com/saifanah/

TIPS:

1. Bulan Oktober hingga Februari bukanlah waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Banyak.

2. Karena kebanyakan pulau-pulau di kepulauan banyak ini adalah pulau kosong, maka persiapkan segala sesuatunya sendiri, seperti air besih dan lain-lain.

3. Pulau memang indah, tapi sengatan matahari di Pulau Banyak juga aduhai sekali. Jadi persiapkanlah alat pelindung diri seperti sunblock, topi ataupun payung.

4. Untuk berjaga-jaga, minumlah obat anti malaria seminggu sebelum berangkat menuju ke pulau itu.

Rekan Perjalanan :

Fahmi http://catperku.com/
Fiona http://fionacallaghan.com/
Swastika http://lifetimejourney.me/
Satya http://www.satyawinnie.com/
Himawan https://www.instagram.com/saifanah/
Sendy.a https://www.instagram.com/sendy.a/
Dsibudpar Aceh https://www.instagram.com/disbudpar_a…
Sefiin http://www.senjamoktika.com/
Keliling Aceh (tour Operator ) https://www.facebook.com/PAGE-Kelilin…

14 COMMENTS

  1. Saya sukar menemukan padanan kata indah untuk Pulau Banyak ini, Mas. Melihat videonya, gak bakal susah mempromosikan tempat ini sebagai destinasi eksotis di Aceh. Tapi ya jangan sampai masyarakat sekitar jadi penonton saja ya. Mungkin pemerintah atau mereka yang berkepentingan mulai memikirkan membangun ekowisata berbasis masyarakat

Komennya disini ya..