KEPULAUAN KEI – Pulau Indah Tersembunyi Yang Sedang Naik Daun

4

Keunikan budaya dan ragam keindahan di timur Indonesia memang selalu mempesona untuk di explore. Salah satunya adalah pulau Bair ini. Terletak di gugusan pulau-pulau kecil yang ada di kepulauan Kei.

Ragam keindahan banyak rupa bisa kita temukan di kepulauan Kei ini. Berangkat dari Tual, sepeda motor yang saya sewa mengarah ke sebuah desa, tempat saya bisa menyewa perahu untuk ber-Island Hopping mengelilingi pulau Bair dan sekitarnya. Desa Dullah darat namanya. Tanya saja ke masyarakat sekitar dermaga (dekat pohon beringin keramat) perihal sewa perahu disana. Harganya berkisar antara 500ribu hingga 700 ribu rupiah.

Perahunya gak beratap. Jadi yang bawa peralatan elektronik silahkan membawa juga drybag untuk jaga-jaga kalau terjadi hujan atau melindunginya dari cipratan ombak yang menghempas.

Dan ketika memasuki pulau Bair, sungguh mempesona sekali. Air laut yang jernih, tebing-tebing karang yang keren, sertawarna tosca dari teluk kecil yang rasanya ingin menarik-narik badan saya untuk menceburkan diri.

Memandanginya dari atas salah satu batu karang juga sangat saya sarankan. Cuma harus hari-hati, bebatuan karang di lokasi ini sangat tajam dan terjal.

Selain tosca dan hamparan karang terjal, Bair masih memiliki tempat-tempat yang memang sudah di jangkau. Karena terletak di lorong-lorong tebing karang yang terjal, dan satu-satunya jalan adalah harus berenang terkadang tiba-tiba lautnya menjadi dalam, tapi itu tak menyurutkan adrenalin saya untuk melihat ada apa didalam lorong sana.

Ternyata di balik celah-celah bebatuan terjal itu tersimpan sebuah laguna indah yang menakjubkan. Saya seperti asik berenang di sebuah laguna pribadi.

Untuk terbang ke Tual di Maluku Tenggara, sekarang sudah banyak penerbangan menuju kesana dari Ambon kok. Garuda Indonesia juga sudah melayani rute tersebut.

Let’s Explore Pulau Bair

4 COMMENTS

  1. My second home Tual!!! Barusan kemaren tmn2 di Tual cerita ni pulau Bair,Merka blog Raja Ampat nya Maluku… Jadi pengen cpt2 cuti pulang kesana kk Bolang.., ada lagi kata mereka namanya Ngurtavur sama WaW nya. Kalo ada post ttg Banda Naira share link kak..
    Thank you

Komennya disini ya..