Yakin kamu ngaku pecinta pantai? sudah ke Semau belum?

26
Pantai di Semau
Pantai di Semau rata-rata indah bersih dan sepi

Semau adalah sebuah pulau yang letaknya tidak terlalu jauh dari ibukota Nusa Tenggara Timur di Kupang. Hanya di butuhkan waktu sekitar tiga puluh menit untuk menyeberang dari pelabuhan Tenau di Kupang menuju ke pelabuhan rakyat di pulau Semau. Tipikal daerahnya adalah kering dan tandus. Di beberapa bagian terdapat lahan-lahan pertanian tapi tetap menggantungkan dari hadirnya musim hujan.

Hamparan pantai-pantai indah menyebar di beberapa bagian pulau Semai. Pulau yang kering ini memang menawarkan pesona keindahan yang luar biasa. Dan lebih kerennya lagi, semuanya masih alami, karena belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia.

Yuk mengenal lebih dekat kelima pantai asik di Semau itu

1. Pantai Liman

Pantai Liman di Semau
Pantai Liman di Semau

Pantai ini adalah favourit saya, dinamai pantai Liman karena di dekat pantai ini ada sebuah bukit yang oleh masyarakat sekitar di kenal dengan nama bukit Liman. Dari atas bukitnya, saya bisa memandang ke segala arah arah. Di kejauhan terlihat sebuah pulau berpasir putih yang indah. Siang yang terik tak menyurutkan niat saya untuk naik keatas puncak bukitnya. Duduklah sejenak diatas bukitnya, nikmati terpaan angin dengan hawa pantai yang segar. Di kaki bukit sanalah pantai Liman membujur indah dengan ombaknya yang perkasa.

2. Pantai Otan

Pantai Otan di Pulau Semau
Asik kan pantai Otan ini

Pantai ini adalah pantai yang tepat unuk bersantai. Pantai yang landai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pantainya sendiri berpasir putih dan memiliki riak ombak yang tidak terlalu besar. Jadi masih aman untuk sekedar bermain air disana. Siang yang terik tidak membuat pantai Otan kehilangan pesonanya. Saya rela berpanas-panasan demi bermain air di pantai indah ini. Jika tidak suka berpanas-panasan, silahkan menikmatinya saja di bawah pepohonan rindang sambil membaca buku kesukaan. Mendengarkan musik juga bisa sejenak melupakan rutinitas harian yang terkadang menjemukan.

3. Pantai Onanbalu

Pantai Onanbalu di Semau
Pantai Onanbalu nan Landai asik buat bersantai

Pantai ini terletak di teluk Onanbalu. Pantainya sendiri memiliki karakteristik yang panjang. Terdapat banyak petani rumput laut di pantai ini. Pohon-pohon perdu di pinggir pantai adalah tempat terasik untuk menikmati pemandangannya. Bocah-bocah juga terlihat asik bermain air tanpa takut kulitnya akan terbakar oleh cahaya matahari.

4. Pantai Uih Make

Pantai Uihmake di Semau
Pantai Uihmake ini landai dan bersih

Pantai ini terlindung oleh perbukitan karang. Sebelum turun kepantainya, nikmatilah dulu panorama dari atas bukit tempat kendaraan kita bisa berhenti. Lokasi pantai ini sejatinya tidak terlalu jauh letaknya dari pantai Onanbalu. Pasir pantainya halus dengan bebatuan karang di ujung-ujung pantainya. Untuk menuju pantainya kita harus menuruni bukit terlebih dahulu karena memang letak pantainya ada di bawah bukit.

5. Pantai Uitiuhtuan

Pantai Uitiuhtuan di Semau
Pantai Uitiuhtuan di Semau

Pantai ini letaknya tidak jauh dari pantai Liman. Jika kita dari arah desa Uiboa, pasti akan melihat pantai ini terlebih dahulu sebelum sampai di pantai Liman. Pasir pantai di sini juga sangat halus. Karakteristik pantainya landai dengan beberapa pohon kelapa di pinggir pantainya. Berjalan-jalanlah menyusuri pantainya untuk melihat keseluruhan pantai yang indah ini.

***

Kelima pantai di Semau yang saya sebutkan diatas itu adalah pantai-pantai yang masih sepi dan minim fasilitas. Jadi untuk mengunjunginya persiapkanlah segala sesuatunya sewaktu masih dikupang. Saya juga tidak menemukan adanya ATM di Semau, jadi bawalah uang cash untuk keperluan selama di Semau. Kalau tidak mau menginap bisa juga one day tour mengelilingi pantai-pantai itu. Datang pagi pulang ke Kupang lagi sore harinya. Pastikan dulu jadwal kapal warga yang akan membawa kita kembali ke Kupang.

Perahu dari Pelabuhan di kupang menuju Semau
Perahu dari Pelabuhan di kupang menuju Semau
Perjalanan dari Kupang menuju Semau
Perjalanan dari Kupang menuju Semau

Kalau datang rombongan lebih baik jika kita menyewa kapal sendiri dengan perjanjian nanti akan di antar kembali lagi ke kupang di sore harinya. Tapi jika kita mau merasakan sensasi keindahan itu lebih lama bisa menginap di rumah warga, atau kalau mau merasakan sensasi petualangan, Camping adalah pilihan yang tepat.

Dari pelabuhan tempat mendaratnya kapal dari Kupang kita masih harus menempuh jalan darat untuk sampai ke pantai-pantai tersebut. Tidak ada kendaraan umum yang melayani, hanya ada ojek dan mobil pick up yang bisa di sewa. So tantanglah diri anda untuk merasakan sensasi petualangan di pulau yang indah itu.

Ini adalah video perjalanan saya sewaktu  di Semau.

26 COMMENTS

  1. Mendengar kata NTT langsung bangkit semangatnya kak,,, pemandangannya cantik – cantik. Tapi di sayangkan yaw kak masih minim fasilitas. ATM saja nggak ada dan harus bersusah payah bawa cash dari Kupang. Untuk masalah kendaraan ada ojek dan pick up,,, Tapi malah sensasinya disini berwisata sambil berpetualang. Josss

  2. beribu trimaksih saya haturkan,,,buat sodara sodaraku yang rela berkorban tanpa memandang siapa kami,dimana kami tinggal,dan latar belakang kami.
    Hanya doa yang mampu kami ucap semoga Tuhan sellu menjaga ,melindungi saudar/i sekalian.Teruslah menjadi berkat untuk banyak orang.
    Salam.

Komennya disini ya..