Musi Triboatton 2016

10
Dara Manis Sumatera Selatan
Dara Manis Sumatera Selatan

Keriuhan terjadi pada sebuah pagi di salah satu kabupaten di Sumatera selatan. Derap langkah pemuda-pemuda tegap sambil membawa bilah dayung saya lihat berseliweran di pinggir sebuah sungai di daerah Empat Lawang. Sementara suara yang keluar dari pengeras-pengeras suara terdengar bertalu-talu memgatur semua peserta lomba.

Ya, pagi ini saya sedang melihat sebuah perhelatan International Musi Triboatton 2016. Namun ada yang menarik perhatian saya di hingar bingarnya suasana pagi tadi. Dara-dara manis dengan seragam keemasan yang tersenyum manis. Mereka adalah para penari yang tadi menyambut rombongan ketika baru datang.

“ini tari matak namonyo bang, tari sambutan dari Empat Lawang” celotehan yang keluar dari salah satu mulut manis sang dara.

Tari Matak Sumatera Selatan
Tari Matak Sumatera Selatan

Tari Matak adalah tari kreasi baru yang tumbuh dan berkembang di Masyarakat Tebing Tinggi yang ada di kabupaten Empat Lawang. Tarian ini biasanya di haturkan untuk penyambutan tamu-tamu penting yang datang ke Empat Lawang. Dan rasanya tidak berlebihan, jika tarian ini di haturkan pada pembukaan event akbar seperti International Musi Triboatton 2016 ini.

Ajang bergengsi International Musi Triboatton 2016 ini dingadang-gadang bisa memperkenalkan sungai Musi ke khalayak yang lebih ramai. Juga sebuah ada  harapan besar, bahwa bisa mendatangkan banyak wisatawan mancanegara dan domestik.

Persiapan Musi Triboatton
Persiapan Musi Triboatton
Salah Satu team Musi Triboatton
Salah Satu Team Musi Triboatton

Ajang tahunan Sumatera Selatan yang sudah memasuki tahun kelima ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini race akan di laksanakan di 5 etape. Etape pertama yang sedang saya saksikan ini ada di kabupaten Empat Lawang. Perlombaan yang di lombakan adalah jenis boat Raft. Jadi peserta adalah team yang akan di pertandingkan waktu tercepat mencapai garis finish.

Dan etape-etape selanjutnya akan ada di Musi Rawas, Musi Banyuasin, kabupaten Banyuasin, dan berakhir di Palembang.

Siap Bertanding di Musi Triboatton 2016
Siap Bertanding di Musi Triboatton 2016

Dalam Musi Triboatton 2016 kali ini di ikuti oleh 16 tim dayung yang berasal dari China, Macau, Philipina, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Jawa Timur, Jambi, Yonif 133 Padang, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan 1, Sumatera Selatan 2, Jawa Barat, Bangka Belitung dan DKI Jakarta. Dengan banyaknya peserta yang akan ikut andil tentu butuh perhatian khusus buat segala pihak yang menjadi panitia dalam gelaran Musi Triboatton 2016 kali ini.

Salah satu boat peserta di Musi Triboatton 2016
Salah satu boat peserta di Musi Triboatton 2016

Langit lagi terlihat begitu cerah. Sengatan matahari pagi juga sudah mulai terasa di kuliat saya. Sementara itu di barisan racer sudah duduk manis para peserta lomba di perahu masing-masing.
Genderang perlombaan sudah di mulai, dayung sudah diangkat serempak. Terdengat hingar bingar yel-yel membahana di terikanya mentari pagi yang bersinar cerah. Saya hanya pun tak mau ketinggalan. Berada di barisan penonton berusaha menyemangati team jagoan saya dalam perhelatan ini.

Pertandingan Musi Triboatton 2016 di mulai
Pertandingan Musi Triboatton 2016 di mulai

Bidikan lensa juga saya arahakan ke ekspresi beberapa peserta yang terlihat sangat heroik seperti hendak bertempur. Bertempur melawan ego masing-masing untuk serempak bersatu mengarahkan dayung dengan ambisi sebuah prestasi.

Perlombaan baru saja dimulai. Garis finish sudah menunggu. Jembatan Kuning yang ada di kota Tebing Tinggi menjadi saksi, team mana yang tangguh menaklukkan ego masing-masing dan bersatu untuk sebuah prestasi yang akan mereka raih.

Sampai Finish Musi Triboatto Etape Pertama
Sampai Finish Musi Triboatto Etape Pertama
Jembatan Kuning Tebing Tinggi
Jembatan Kuning Tebing Tinggi jadi titik finish Musi Triboatto etape pertama

Sementara di garis finish, pesta penyambutan sudah di gelar. Beberapa atraksi sudah di tampilkan. Sebuah tari kreasi baru juga memikat para penonton yang hadir.

Tari kreasi bari di Finish Musi Triboatton 2016
Tari kreasi bari di Finish Musi Triboatton 2016

Siang makin terik. Setelah menyusuri sungai kurang lebih tiga jam, akhirnya beberapa perahu peserta Musi Triboatton 2016 satu persatu mulai muncul. Dan ternyata team jagoan saya dari Sumatra Barat tidak menang.

Makan Siang Bersama di Musi Triboatton 2016
Makan Siang Bersama di Musi Triboatton 2016
Peserta Musi Triboatton 2016
Peserta Musi Triboatton 2016

Pertandingan kali ini di menangkan oleh Team Sumatera Selatan 1 yang meraih juara satu, sementara di posisi kedua ada team dari pemda Jambi, dan posisi ketiga di raih oleh team dari Sumatera Selatan 2.

Penyerahan Hadiah Musi Triboatton 2016
Penyerahan Hadiah Musi Triboatton 2016

Piagam, plakat dan sejumlah uang tunai sudah di serahkan. Juara juga sudah terpilih. Namun pertandingan belum usai. Masih ada empat etape lagi yang harus di lalui oleh para peserta. Dan senyuman manis dari dara Empat Lawang mengantarkan saya untuk melanjutkan ke etape-etape selanjutnya.

-Bersambung

10 COMMENTS

  1. Menyajikan acara kesenian atau budaya lainnya dalam ajang olahraga internasional seperti ini, sebuah langkah yang cerdas menurut saya. Promosinya wisatanya saling mendukung antara alam dan budaya.

    I see, agree, gadis-gadis di Palembang ini memang cantik ya, Mas 🙂

  2. NTT masih harus banyak belajar dari daerah lain untuk mengemas wisata-wisata alamnya dengan wisata lainnya sehingga terus membuka keran wisatawan.. tapi enak juga sih kalo ntt tetep sepi wisatawan hehehe

    • Kan mau ada tour de Flores kang he he, keren tuh kayaknya kalo di kemas dengan baik. Di PHP sama panitia lokal dan salah satu merek mobil akhirnya saya milih mundur. Mari kita bahu membahu ikut memperkenalkan NTT melalu karya2 independent kita aja kang, he he. Kapan nih ajak saya kliling NTT?

  3. klo melihat ajang yang keren dan di paket dengan sebagus ini. rasa2nya aceh masih belum ada apa2nya.. belum lagi campaign pariwisatanya. btw, aweweknya cuantik ya bang 😀

Komennya disini ya..