Magribku diatas kapal perang KRI Banjarmasin

2

Perasaan aneh seketika saya rasakan ketika suara adzan berkumandang dipengeras suara yang hampir ada disemua area kapal. Suara itu berasal dari preyen yang bertugas mengumandangkan adzan sholat magrib.

“Ruangan ruangan, waktu sholat magrib sudah tiba, lokasi sholat berjamaah ada di helideck” setelah adzan dilanjutkan dengan pengumuman seperti itu.

Magrib yang membara

Saya bergegas menyambar sarung yang tergantung di samping tempat tidur mungil saya. Saking mungilnya ketika sata duduk diatas kasur, kepala saya pasti kebentur dengan besi yang menjadi alas tempat tidur diatas saya. Tempat tidur pasukan yang ada di KRI Banjarmasin ini memang didesain bunkbed, jadi ketika mengirim pasukan bisa muat banyak.

syahdunya magrib berjamaah

Kamar saya ada di deck kedua setelah tankdeck. Sementara helideck ada di tingkat ke-empat, jadi saya harus berlarian keatas dulu untuk sampai di helideck. Tempat wudhu juga terbatas. Bukan tempat wudhu aslinya, tapi wastafel tempat gosok gigi gitu. Tapi ya harus berkompromi dengan segala kemungkinan.

Pemandangan ketika magrib

Sesampainya di helideck saya dibuat kagum dengan langit yang memerah merona. Dan itulah kiblat kami diatas hanggar heli ini. Rasa aneh saya rasakan ketika takbir pertama. Merasa kecil sekali ditengah luasnya lautan negeri ini. Dan tidak tau kenapa merasa dekat juga dengan penguasa alam ini. Perasaan yang dulu sering saya rasakan ketika sedang sholat di puncak gunung.

Bukan penyembah heli lho ya kami he he

Sesaat setelah Salam terakhir, tiba-tiba airmata saya meleleh, seiring dengan doa yang terpanjatkan. Rasa aneh kembali hadir. Rasa syukur tiada henti-hentinya saya panjatkan ke hadirat-nya atas segala nikmat yang saya rasakan hidup di negeri yang kaya ini. Namun juga terbersit rasa sedih ketika teringat pada perjalanan-perjalanan saya sebelumnya, ternyata belum semua anak negeri ini merasakan arti “merdeka” dalam artian yang sesungguhnya.

“Lindungi pelayaran kami kali ini ya robb”.

2 COMMENTS

Komennya disini ya..