Learning by Traveling [Review Blog]

30

 

“Learning by Traveling” Saya suka sekali tagline dari sebuah blog perjalanan ini. The Travelearn, Sebuah blog perjalanan yang di gawangi oleh pemuda (yang ngakunya) keceh ini asal jogja namun sekarang sedang jadi warga urban kota Bandung.

Jujur saya tidak terlalu akkrab dengan Nugie, panggilan dari pemilik dari blog The Travelearn ini. Nama lengkapnya sebenarnya adalah Matius Teguh Nugroho. Tapi beberapa kali mengunjungi blognya, saya jadi merasa akrab meski hanya lewat olahan kata-kata yang di torehkannya saja.

Secara tampilan blog ini menganut paham “bersih itu indah”. Tampilannya simple, dan navigasi ke tulisan-tulisannya juga sangat mudah. Gaya bahasanya juga sesuai dengan Nugie yang diselingi dengan joke-joke segar, walaupun terkadang terasa garing he he piss.

Blog yang menyapa pembacanya dengan backpacKeren dan travelista ini sejatinya belum lama mengudara, baru di mulai sejak maret 2013. Tapi konten yang sudah di posting sudah lumayan banyak, ini menandakan keseriusan Nugie dalam menekuni dunia travel blogging.

Pemuda yang sedang gemar ikut kontes ini memang hoby dengan sosial budaya dan geografi. Tak heran jika di blognya banyak sekali tulisan-tulisan yang menceritakan tentang kehidupan social tempat-tempat yang baru dia kunjungi. Hal ini senada juga dengan slogan Learning by travelingnya, artinya dia percaya bahwa dengan berkunjung ke suatu tempat yang baru, dia akan belajar tata kota, geografi, sejarah, sosial, budaya, seni — belajar tentang hidup.

Satu hal yang mengganjal ketika saya membuka blognya Nugie ini adalah keberadaan dual identitas blog. Saya tidak tau mana yang mau di sampaikan Nugie, di halaman alamat webnya bertajuk si ransel hitam, sementara di dalam blognya ada lagi judul blog yakni the travelearn. Masih agak sedikit rancu sebenarnya untuk urusan branding, kalau bisa saran saya, pakai satu aja yang paling OK, agar untuk kedepannya orang lebih gampang mengingatnya.

Terlepas dari dualisme (ciyeh kayak kepemimpinan)itua, blog ini cukup menarik. Walau umurnya masih seumur jagung tapi Nugie selalu belajar untuk menyajikan sesuatu yang lebih bagus buat para pembaca setianya. Satu hal lagi mungkin butuh upgrade sedikit pengetahuan fotografinya. Tidak terbatas dengan gadget apapun, dengan handphone murmer juga akan bagus kalau sedikit tahu dasar-dasar fotografi.

SO cayoo The Travelearn, Mari kita kabarkan tentang Indonesia kita ke seantero jagad raya.

Blog : http://siranselhitam.wordpress.com/

Twitter : @Nugisuke

NB: Satu hal yang membuat saya sedikit bersedu sedan adalah, tidak ada link blog ku di list “Baca Mereka Juga Dong” ha ha.

Post ini adalah Post Barengan (PostBar) Travel Bloggers Indonesia dalam rangka Hari Blogger 27 Oktober 2014 di mana kami akan saling mengulas blog sesama teman Travel Blogger. 🙂

BACA JUGA TULISAN INI

30 COMMENTS

  1. […] blog Bulan direview oleh Firsta : Blog Review for Hari Blogger Nasional: The Uber Journey blog Olive direview oleh Andre Handoyo : BLOG REVIEW : http://OBENDON.COM blog Wira direview Fahmi Kucing : Wiranurmansyah Si Travel Photo Blogger blog Fahmi Hiu direview Titiw : Travel Blog Review: Fahmi Anhar Sang Pencinta Hiu blog Firsta direview Adlienz : Mengenal Indonesia Lewat Jejak Firsta blog Indra direview Wira : Berkenalan dengan Backpacker Borneo blog Titi direview Yofangga : Langkah Kaki Titi blog Andre direview Indra : Review Blog: Jalan-jalan Bersama http://Andrehandoyo.com blog Fahmi Kucing direview Olive : [Review Blog] Catperku, Jejak dalam Untaian Kata blog Yofangga direview Nugie : [Review Blog] The Lostraveler: Warmer, Softer, Deeper blog Bolang direview Bulan : [Review Blog]: Tentang Kak Kembara.. blog Nugie direview Bolang : Learning by Traveling [Review Blog] […]

  2. Keren kakaknya sampe bisa lihat dual identitasnya. Tapi benar juga sih kl kata ejie. Travelearn mgkn lebih baik utk mengedukasi perjalanan (mungkin, tergantung yg pny blog ya?)..

    Lagi senang baca review blogger pagi ini dan penasaran dengan review bulan ttg blog lostpacker.
    *kulik2 blognya*

  3. Halo, mas. Hihihi, maaf baru mampir. Sebelumnya makasih banget udah mau mereview blog-ku yang tiada artinya itu.

    Jadi begini, mas. Dulu, alamat dan nama blog-ku itu sama-sama siranselhitam. Nah, terus kemudian aku tahu ada travel blogger lain yang sama-sama pake nama ranselhitam. Karena aku pengen unik, aku lantas cari nama lain. Tapi aku nggak mau mengubah alamat, karena nanti bakal di-reindex hahaha. Jadi sebaiknya gimana ya, mas? Ada saran? 😀

    Blog Lostpacker ada di page The Travelbloggers. Yang “Baca Mereka Juga Dong” itu sesama blog WordPress yang bisa kufollow, mas. Aku bisa follow (bukan subsribe via email) blog ini nggak sih? Hehehe.

  4. […] blog Bulan direview oleh Firsta : Blog Review for Hari Blogger Nasional: The Uber Journey blog Olive direview oleh Andre Handoyo : BLOG REVIEW : http://OBENDON.COM blog Wira direview Fahmi Kucing : Wiranurmansyah Si Travel Photo Blogger blog Fahmi Hiu direview Titiw : Travel Blog Review: Fahmi Anhar Sang Pencinta Hiu blog Firsta direview Adlienz : Mengenal Indonesia Lewat Jejak Firsta blog Indra direview Wira : Berkenalan dengan Backpacker Borneo blog Titi direview Yofangga : Langkah Kaki Titi blog Andre direview Indra : Review Blog: Jalan-jalan Bersama http://Andrehandoyo.com blog Fahmi Kucing direview Olive : [Review Blog] Catperku, Jejak dalam Untaian Kata blog Yofangga direview Nugie : [Review Blog] The Lostraveler: Warmer, Softer, Deeper blog Bolang direview Bulan : [Review Blog]: Tentang Kak Kembara.. blog Nugie direview Bolang : Learning by Traveling [Review Blog] […]

Komennya disini ya..