Kupang, Kota dengan senja dan pantai indah

4
Senja di Lasiana
Senja di Lasiana

Nusa Tenggara Timur memang selalu punya cerita menarik. Hampir di setiap sudut propinsi ini mempunyai sisi menarik untuk di ceritakan. Kupang misalnya, Ibu kota propinsi ini rasanya tak pernah bosan untuk saya explore. Selalu ada tempat-tempat menarik yang saya temukan setiap kali mengunjunginya.

Senja di Tebing Cafe
Senja di Tebing Cafe

Tebing Cafe misalnya. Restoran yang asik buat menikmati senja ini dibangun di atas tebing karang. Karena letaknya di atas tebing, senja dari lokasi ini juga terlihat begitu sempurna. Dengan berlatar Pulau Semau, saya bisa menikmati sekerat pisang goreng lengkap dengan kopi Flores yang saya pesan.

Senja di Tebing Cafe
Senja di Tebing Cafe

Dan sepertinya tempat ini juga menjadi favourite anak muda Kupang untuk berkumpul. Terdengar candaan khas yang saya dengar dari meja sebelah. Tak Jarang saya gunakan metode “sok kenal sok dekat” untuk break the ice dan berkenalan dengan mereka. Teman baru dari setiap perjalanan itu selalu menarik kawan.

Di Kupang ini kita bisa menemukan semua. Mau adat budaya ada, mau melihat lanskap yang menawan banyak, mau cari hasil kerajinan tersebar di seluruh penjuru. Tinggal bagaimana kita menentukan pilihan.

Pantai Uih Makeke Semau
Pantai Uih Makeke Semau

Kalau untuk menengok lanskap indah, saya tak pernah bosan untuk mendatangi Pulau Semau. Pulau kecil yang terletak di samping Teluk Kupang ini, menyimpan banyak sekali potensi keindahan alam yang luar biasa.

Melihat beberapa pantai yang ada di pulau ini, saya tersihir kawan. Pantainya bersih dan mengampar luas. Dan memandang ke segala penjuru yang terlihat hanyalah keindahan laut dan langit birunya.

Pantai Liman Semau
Pantai Liman Semau

Satu spot di Semau yang membuat saya selalu ingin kembali adalah Pantai Liman. Pantai ini luasnya minta ampun. Hamparan pasir putihnya membentang. Kalau di compare dengan Pantai Kuta Bali, Liman jauh lebih indah dan alami.

Pantai Uitiuhtuan Semau
Pantai Uitiuhtuan Semau

Dari atas bukitnya saya bisa melihat hamparan pasir putih yang menghampar di sisi kanan dan kiri pantai. Di kejauhan juga terlihat sebuah pulau kecil yang semakin melengkapi bentang keindahan di cakrawala. Ah, rasanya enggan beranjak dari sana kalau sudah melihat sesuatu seperti ini.

Pantai Onanbalu Semau
Pantai Onanbalu Semau

Oh ya, di Semau saya belum nememukan penginapan. Saya pernah menumpang menginap di rumah wagra. Namun agak susah sebenarnya, untuk meminta ijin menginap disana. Tapi untunglah bapaknya percaya kalau saya bukanlah penjahat.

Biasanya saya selalu balik ke Kupang ketika sore tiba. Jangan sampai lewat jam 5 sore ya, karena kapal yang menyebrangkan kita kembali ke Kupang akan jarang sekali.

Pay at hotel, bikin jalan-jalan makin gampang

Masalah hotel untuk menginap di Kupang juga banyak kok. Dari segala jenis dan kelas ada. Biasanya saya memang gak mau ribet nanya ke hotelnya satu persatu. Aplikasi ampuh yang saya gunakan ya traveloka. Langkah pertama yang saya lakukan adalah nyesuaiin budget. Setelah budget cocok, baru deh tinggal dateng dan bayar.

Oh ya, Traveloka sekarang punya fitur keren pay at hotel. jadi ini sangat membantu saya yang gak mau ribet bayar-bayar dengan transfer atau potong kartu kredit. Biasanya akan lebih enak Buat pejalan dadakan macam saya ini. Apalagi kalau kita ketemu dengan daerah yang sinyalnya gak stabil, duh rasanya deg-deg an untuk melakukan transaksi onlen.

Tapi dengan adanya fitur pay at hotel, saya gak pernah khawatir lagi kok. Saya malah bisa pesan jauh-jauh hari, dan bayarnya nanti di Hotel saja. Jadi gak khawatir kalau mau  liburan, apalagi kalau liburannya bawa keluarga. Kebayang kan repotnya ngurus hotelnya. Tapi sekarang mudah.

Caranya juga gak susah kok,

Proses Pay At Hotel
Proses Pay At Hotel
Proses Pay At Hotel
Proses Pay At Hotel
  1. Cari hotel yang akan kalian tuju, bisa dari search hotelnya by kota.
  2. Setelah itu, kita bisa filter rekomendasi hotel yang muncul dengan pilih tab “pay at hotel”. Karena perlu diingat saat ini belum semua hotel punya fasilitas ini.
  3. Setelah menemukan hotel yang pas, booking deh. Nantinya, kita akan diminta memasukan detil kartu kredit. Tenang, gak akan langsung di potong kok. Detil cc hanya untuk jaminan kamar yang kita pesan.
  4. Kalau dah kelar semua, udah deh nanti dapat konfirmasi dan voucher hotel kita terbit, pembayaran pun tetap dilakukan saat kita tiba di hotel.

Keuntungan fitur Pay at Hotel ini adalah:

  • Kita bisa nabung biaya hotel sampe waktu menginap.
  • Bisa mengamankan hotel incaran dari jauh-jauh hari.
  • Bebas cancel tanpa biaya, eh tapi tergantung syarat dan ketentuan masing-masing hotel ya. Jadi kita harus teliti saat booking.
Pantai Indah Kupang
Menikmati Panorama Pantai Indah di Kupang

Gampang kan, gak ada yang ribet kok sekarang. Jadi jangan sampai kalian jadi katak dalam tempurung ya. Duit banyak tapi pergi ke kota sebelah aja belum pernah. Yok ah jalan-jalan muterin Kupang lagi. Jangan lupa bawa Sei ya, oleh-oleh khas kupang. Ada yang dari daging Sapi dan Babi.

Warung Sei Babi Kupang
Belanja Sei Sapi Kupang
Belanja Sei Sapi Kupang

4 COMMENTS

Komennya disini ya..