Ketika Kartu Lebaran berubah Digital

4
Yeayyyy Bukit Tinggi
Yeayyyy Bukit Tinggi

Jaman memang sudah berubah. Tapi saya bahagia, merasakan jaman dimana kartu ucapan lebaran pernah menjadi sebuah wahana untuk saling bersilahturahmi di saat jarak dan waktu menjadi kendala. Tapi sekali lagi jaman sudah berubah. Era internet sudah menggeser momen-momen yang selalu saya tunggu ketika lebaran tiba.

Tren saling menyapa lewat dunia maya sekarang makin memudahkan kita untuk saling bertegur sapa walaupun terkendala dengan jarak dan waktu. Tapi seiring denga pesatnya teknologi yang masuk ke nusantara, orang juga akan selalu mengikuti perkembangannya. Tapi apakah dengan masuknya teknologi ke nusantara operator yang ada sudah siap dengan gencarnya arus kemajuan ini.

Ada satu hal yang membuat saya jengkel ketika lebaran tiba. Biasanya server semua operator selular akang hang ketika musim lebaran tiba. Semua pengguna akan saling bertukar ucapan selamat hari raya melalui dunia maya pada saat lebaran tiba. Tapi siapa sangka kalau ucapan itu baru sampai setelah perayaan lebaran usai.

bandara padang
Landing Padang

Untuk mengatasi hal itu tidak terjadi, XL selaku salah satu operator seluler yang ada di nusantara mempesiapkannya jauh-jauh hari. Bertajuk #XLNetRally, XL kembali melakukan ritual menjelang hari-hari besar akan tiba. Seperti Ramadhan dan Lebaran. Moment kali ini saya beruntung bisa ikut serta di dalam acara ini.

Pagi rasanya baru saja hadir. Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta juga masih terlihat sepi. Bahkan petugas di gerai waralaba yang jadi meeting point kami juga terlihat lelah menahan kantuk yang datang menyergap.

Tapi saya dan beberapa teman blogger, serta beberapa media sudah antusias sekali berada disana. Tak lain karena kami akan di terbangkan menuju ke lima kota yang akan menjadi lima titik yang akan di uji kesiapan jaringannya menjelang Ramadhan dan Lebaran.

Saya, Cumilebay, Fahmi dan Uchi kebetulan mendapat jatah ke Sumatra Barat.

Ngomongin Sumatera Barat, banyak sekali memori yang pasti akan terbuka. Mengingat dulu pernah tinggal hampir delapan tahun di Pekanbaru, dan Sumatera barat merupakan daerah tujuan yang sering datangi ketika musim liburan tiba.

Blogger and XLNetRally
Blogger and XLNetRally

Bandara internasional Minangkabau terlihat begitu megah dengan icon rumah gadang di atapnya. Langit juga terlihat begitu cerah dengan matahari bersinar begitu dahsyatnya. Sebuah bis yang sudah di pasang alat pengukur sinyal menyambut kami di pelataran parkir bandara Minangkabau. Dan setelah semua duduk manis di dalam bis, perjalanan-pun dimulai.

Rute XLNetRally
Rute XLNetRally

Keluar dari Bandara bis menuju ke arah Bukit Tinggi. Dan spot yang di tuju di Bukit Tinggi adalah Jam Gadang. Sebuah icon kota Bukit Tinggi yang juga menyimpan banyak kali sejarah yang sudah terjadi di daerah itu dari era penjajahan hingga sekarang.

Perjalanan dari Bandara menuju Bukit Tinggi seru sekali. Pemadangan di sepanjang perjalanan juga semakin membuat perjalanan ini mengasikan. Stand Up comedy juga di hadirkan panitia untuk lebih menyemarakan suasa perjalanan. Dan yang lebih mengasikkan lagi di layar pantau menunjukkan bahwa sinyak XL di daerah yang kami lewati terlihat bagus sekali.

Selfie  with BTS XL
Selfie with BTS XL
Drama ala-ala
Drama ala-ala

Saya kembali menyapa lembah anai dari jendela bis. Dulu spot ini sering saya jadikan termpat sejenak melepas penat ketika touring dari Padang menuju Bukit Tinggi atau sebaliknya. Sebuah air terjun yang langsung jatuh di pinggir jalan. Jadi buat traveler pemula macam saya ini, itu sebuah kenikmatan tersendiri, karena tidak usah bersusah payah menaiki bukit menuruni lembah apalagi harus menyeberangi lautan *lebay

Ranger BIRU
Ranger BIRU di Jam Gadang

Tepat tengah hari kami sampai di Jam Gadang. Namun sesaat sebelum kami sampai di Bukit Tinggi, rombongan singgah di sebuah BTS (base transmision system) milik XL. Melongok sejenak kedalam BTS untuk mengetahui sedikit informasi seperti apakah system telekomunikasi sebenarnya berjalan.

Rumah Makan Simpang Raya, tulisan yang bertengger manis di atas pintu masuk rumah makan masakan khas Minang ini menjadi penyelamat kami disaat lapar sudah mulai hadir. Beragam jenis kuliner padang di hidangkan di sepanjang meja makan yang sudah di kerubuti oleh wajah-wajah lapar. Dari balik jendela rumah makan saya bisa melihat Jam Gadang berdiri megah.

Jam Gadang Bukit Tinggi
Jam Gadang Bukit Tinggi

Saya begitu kalap mencicipi banyak sekali makanan siang itu. Mencecap kuliner khas di daerah aslinya itu memberikan sensasi tersendiri bagi lidah saya. Rasanya lebih nikmat jika harus di bandingkan dengan masakan-masakan Padang di kota-kota yang pernah saya singgahi.

Setelah semua kenyang, dan memastikan bahwa sinyal XL bagus di kota Bukit Tinggi, Bis dan rombongan pun kembali ke kota Padang untuk menggelar video conference dengan empat daerah lain yang juga sedang melakukan tes jaringan #XLNetRally.

Conference XL Padang
Conference XL Padang
Maaf ya pak
Maaf ya pak

Sampai di kantor cabang XL yang ada di kota Padang hari sudah sore. Semua bergegas ke ruang conference yang sudah di set untuk bisa bertatap muka dan berdiskusi dengan daerah-daerah lain. Dan hasil dari conference itu melaporkan bahwa alat khusus yang di pasang untuk melakukan tes sinyal melaporkan bahwa sinyal XL bagus di semua daerah itu, yakni Padang, Surabaya, Semarang, Banjarmasin dan Jabodetabek. Bahkan teman-teman yang di Kalimantan sempat melakukan susur sungai untuk melakukan tes sinyal dengan menggunakan perahu kecil. Semua tahu bahwa sungai juga masih menjadi urat nadi kehidupan disana. Itu makanya XL juga hadir disana.

Hasil Tes Sinyal XL
Hasil Tes Sinyal XL
Hasil Tes Sinyal XL
Hasil Tes Sinyal XL

Dari hasil conference tersebut ada satu masalah yang sepertinya sangat disayangkan sekali. Ada part-part tertentu di beberapa BTS yang penting untuk menjaga kestabilan sinyal sampai di genggaman pengguna XL di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi yuk semua ikut menjaga fasilitas-fasilitas ini agar kebutuhan sinyal kuat kita bisa terpenuhi oleh XL.

Setelah conference selesai, rombongan mulai meninggalkan lokasi kantor XL dan menuju ke Hotel untuk beristirahat. EH! tapi malamnya kita semua larut dalam tawa di sebuah acara makan malam yang seru. Dalam uji sinyal kali ini bisa di pastikan XL siap menyambut Ramadhan dan Lebaran tahun 2015 ini.

Selamat Menyambut Ramadhan Kawan.

Terimakasih buat XL sudah diajak maen lagi ke Sumatra Barat.

4 COMMENTS

Komennya disini ya..