Ekosistem pesisir di ujung negri #WED 2014

12

Hamparan pasir pantai terlihat begitu mempesona, riak ombak kecil juga semakin membuat suasana siang itu di bagian paling ujung selatan negri ini terlihat damai.

Memperingati hari Lingkungan hidup sedunia World Enviroment Day 2014 saya sedang berada di sebuah titik paling ujung selatan negri ini. Pulau kecil ini merupakan batas wilayah yang berbatasan langsung dengan benua Australia di bagian selatan nusantara.

Menuju Pulau Ndana, ombaknya super gedeSaya patut bangga dengan keadaan alam di pulau kecil ini. Semuanya masih terlihat alami. Tidak ada campur tangan kepentingan yang akan mengotori pulau. Rusa-rusa juga masih liar di dalam hutan kecil yang ada di pulau ini. Hal ini juga mungkin di karenakan tidak adanya penduduk yang mendiami pulau, hanya ada dua pos di atas pulau ini. Satu dari Angkatan laut dan satu lagi dari gabungan antara Angkatan Darat dan Marinir.

Selain menjaga territorial negeri ini, mereka juga bertugas menjaga keberlangsungan ekosistem alam yang ada di pesisir ini, seperti pertumbuhan rusa timor dan hewan-hewan laut lainnya.

Pulau Ndana di Ujung NegriHamparan padang rumput yang membentang di pulau yang jaraknya sekitar 13 kilometer jika mengelilingan dengan berjalan kaki. Beberapa hewan ternak seperti kambing juga terlihat asik merumput tanpa terusik kehadiran saya yang berjalan mengendap. Saya merasakan benar-benar seperti di belahan dunia lain.

Sumber energy di pulau ini juga menggunakan system yang ramah lingkungan seperti solar cell dan kincir angin. Kedua jenis sumber daya listrik ini dikembangakan karena daerah ini berada jauh dari daratan pulau ROTE yang sudah menjadi kabupaten sendiri bensanding dengan pulau Ndao.

Pulau Ndana hanyalah salah satu pulau kecil yang tersebar di laut nusantara. Berdasarkan kajian dari kementrian lingkungan hidup, nusantara ini terdiri dari 17.504 pulau, dan pulau-pulau yang paling ramai penduduknya ada di lima pulau besar negri ini yakni : Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

pesisir pulau NdanaBagian pesisir negeri ini artinya sangat penting bagi keberlangsungan sebuah kehidupan negara maritime seperti negeri kita tercinta ini. Hal ini di karenakan sekitar 30 persen mangrove dan terumbu karang terbaik di dunia itu ada di dalam nusantara kita tercinta ini, dan hebatnya lagi skitar 85 persen sumber daya ikan Indonesia berasal dari daerah pesisir. Mungkin dengan sedikit alasan itu pesisir mempunyai peranan penting dalam sebuah kelangsungan hidup negeri maritime seperti di nusantara ini.

Pada 2014 ini Indonesia mengusung tema “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim” dalam memperingati hari lingkungan hidup sedunia. Tema ini mempunyai maksud untuk memberikan kesadaran masyarakat tetang pentingnya melindungi ekosistem pesisir dan dampak dari perubahan iklim  dalam rangka ketahanan lingkungan. Sementara duna sendiri melalui United Nations Environment Programme (UNEP) mengusung sebuah tema besar “Raise Your Voice, Not the Sea Level”.

masyarakat yang kurang sadar artinya menjaga, ini di pulau Adonara IndahSaya hanya bisa berharap semoga ekosistem alam yang ada di pulau Ndana tetap terjaga seperti ketika saya kemarin datang kesana. Sebagai pulau terluar di ujung selatan negeri pulau Ndana patut kita pertahankan, baik itu untuk ketahanan nasional maupun ekosistem pesisirnya.

12 COMMENTS

  1. […] All photos was taken from http://www.google.com Tulisan ini adalah bentuk kepedulian thelostraveler.com sebagai salah satu bagian dari keluarga besar Travel Bloggers Indonesia dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Silahkan kunjungi karya lainnya di: – Danan Wahyu : Menjelajah Negeri Orang Laut – Rijal Fahmi Mohamadi : Tentang Cagar Alam dan Etika Jalan-Jalan di Alam – Indri Juwono : Jatuh Cinta Kepada Hijau – Firsta Yunida : Interview with Tiza Mafira: Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) – Fahmi Anhar : Dilema Wisata Karimunjawa – Wisnu Yuwandono : Kebiasaan Bersahabat dengan Lingkungan – Felicia Lasmana : Apa itu Green Tourism? – Wira Nurmansyah : 5 Dosa Para Pendaki Gunung Yang Harus Dihindari – Indra Setiawan : Hutan Kalimantan, Nasibmu Kini – Olyvia Bendon : Ber-Ekowisata Bersama Tintin di Hutan Kota Kemayoran – Rembulan Indira Soetrisno : Bersihnya Situ Gunung – Farchan Noor Rachman : Menjaga Etika Perjalanan Menjaga Alam – Atrasina Adlina : Musuh Abadi, Plastik – Taufan Gio : How Environment-Friendly Are You? – Sutiknyo : Ekosistem Pesisir Di Ujung Negeri […]

  2. indonesia memang memiliki banyak pulau, keindahan pasir, pantai dan alam bawah lautnya sangat memikat semua orang,,, selagi belum banyak orang yang menjamah,,, pulau-pulau akan tersa indah, bersih dan kita tidak akan beranjak untuk pulang.

Komennya disini ya..