Damainya pagi Tanjung Bira

3

Pagi memang selalu membawa kedamaian. Begitu juga yang saya rasakan ketika berada di pantai pasir putih Tanjung Bira ini. Hamparan pasir putih pantai yang panjang seolah memperikan semangat pagi bagi siapapun yang sedang berada disana, tak terkecuali saya.

Namun ada yang unik di pantai ini setiap pagi jika saya perhatikan. Banyak sekali warga terutama ibu-ibu yang memiliki warung di sekitaran pantai kalau pagi bergotong royong membersihkan pantai dari sampah-sampah yang terbawa arus air laut hingga ke pantai itu. Mereka terlihat begitu antusias sambil sesekali bersendau gurau satu sama lainnya.

Perlu di Contoh nih untuk kebersihan pantai
Perlu di Contoh nih untuk kebersihan pantai

Dari ujung ke ujung semua larut dalam aksi yang mulia ini. Mulai dari sampah plastik dan jenis-jenis sampah lainnya mereka tampung di sebuah ember.  Setelah penuh ember-ember itu akan diangkut dengan cara di taruh diatas kepala mereka yang kemudian akan di bawa ke sebuah tempat penampungan yang lebih besar.

Bira pagi itu benar-benar memberikan semangat pagi yang luar biasa. Semangat yang di hadirkan dari canda tawa para ibu-ibu ini. Aksi kecil mereka ini adalah sebuah kearifan lokal yang patut dicontoh oleh pantai-pantai lainnya, tidak hanya bergantung pada petugas kebersihan yang sudah ditunjuk saja, lebih ke rasa tanggung jawab masing-masing individu pada lingkungannya.

Suatu Pagi di Tanjung Bira
Suatu Pagi di Tanjung Bira

Saya sungguh belajar banyak tentang arti sebuah sadar lingkungan dari para ibu-ibu ini. Kalau tidak kita yang menjaga terus siapa dong, kalau tidak kita yang merasa peduli dengan kondisi alam negeri ini, siapa lagi coba. Yuk ah mulai tanamkan sikap sayang dan peduli lingkungan dalam setiap pribadi kita.


3 COMMENTS

  1. Nah, yang seperti ini nih yang seharusnya menjadi contoh… Sebagus apapun pantai kalau tidak dijaga kebersihannya pasti tidak menyenangkan… sesederhana tempat kalau dijaga kebersihannya pasti enak dilihatnya…

  2. Very true Tekno….it is always good to see people caring about their enviroment….if only everybody did then Indonesia would become an even more amazing country. More education about these issues in schools would be my first choice of places to start….the children are the future and it would be nice for them to be able to grow up having a more positive effect on the one planet we all share!!!. Keep sending the message Tekno….good work. 🙂

Komennya disini ya..